Sabtu, 20/04/2024 20:06 WIB

Kemendag Jaga Stok dan Stabilitas Harga Bahan Baku Mi dan Bakso

Kemendag jaga stok dan stabilitas harga bahan baku mi dan bakso.

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) mengukuhkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (APMISO) Periode 2022–2027 di Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Kemndag)

JAKARTA, Jurnas.com – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) mengukuhkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (APMISO) Periode 2022–2027 di Semarang, Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Mendag Zulkifli mengatakan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) senantiasa menjaga stok dan stabilitas harga komoditas yang menjadi bahan baku pedagang mi dan bakso seperti daging dan tepung.

 

"Berdagang mi dan bakso adalah usaha rakyat yang ada di seluruh Nusantara. Hal inilah yang kita dukung karena terkait erat dengan hal yang saya kerjakan sebagai Menteri Perdagangan. Bicara bakso pasti berkaitan dengan daging, lalu mi dengan gandum, selain itu ada ayam, telur, bawang, termasuk minyak. Stabilitasi komoditas ini sudah menjadi bagian dari pekerjaan Kemendag," ungkap Mendag.

Mendag Zulhas mengatakan, masyarakat juga dapat menggunakan MINYAKITA saat membuat sajian mi dan bakso. MINYAKITA, lanjutnya, telah tersedia sesuai harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng yaitu Rp 14.000 per liter.

Dijelaskan Mendag Zulhas bahwakunjungannya ke Jawa Tengah kali ini menjadi bagian dari upaya Kemendag memantau stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok (bapok). Ia mengungkapkan, Jawa Tengah adalah barometer stabilitas harga bapok di Indonesia.

"Jawa Tengah ini sentra dari banyak komoditas. Pemerintah siap mendukung stabilitas harga dan ketersediaan pasokan bapok di tengah-tengah masyarakat seluruh Indonesia. Mudah-mudahan bagi pedagang bakso juga harganya stabil sehingga kita harapkan tidak terjadi gejolak. Kita harapkan pengusaha-pengusaha kita, khususnya UMKM dan pedagang mi dan bakso, bisa untung berkembang
menjadi usaha besar," ungkap Mendag Zulhas.

Dalam pengukuhan pengurus APMISO kali ini, penyelenggara menghadirkan para pedagang mi dan bakso yang berjualan dengan gerobak untuk meramaikan acara sehingga menjadi sebuah pesta rakyat. Gelaran wayang kulit pun turut menjadi bagian dari rangkaian acara tersebut.

Ketua Umum APMISO Lasiman berharap pengukuhan pengurus APMISO dapat semakin mengembangkan UMKM dan pedagang mi bakso agar dapat berjalan dengan baik.

"Mohon doa restu, semoga pengukuhan pengurus APMISO malam hari ini menjadi APMISO yang bermanfaat, terutama bagi pedagang mi bakso di seluruh Nusantara," tutur Lasiman.

Sementara itu, Kepala Pusat Pemberitaan LPP RRI Semarang Widhie Kurniawan menyampaikan agar Kemendag memberikan dukungan pengembangan usaha mi dan bakso dalam berbagai kebijakan perdagangan.

Ia pun mempersilakan masyarakat Semarang untuk menggunakan komplek RRI semarang untuk kegiatan masyarakat, seperti yang dilakukan APMISO.

KEYWORD :

Zulkifli Hasan Pengukuhan APMISO Stabilitas Bahan Baku Mi dan Bakso




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :