Rabu, 24/04/2024 00:08 WIB

Iran Sesalkan Ukraina Turunkan Hubungan Diplomatik dengan Teheran

Iran sesalkan Ukraina turunkan hubungan diplomatik dengan Teheran.

Amerika Serikat menuduh Iran memasok Rusia dengan drone untuk digunakan dalam perangnya di Ukraina (File: Tentara Iran via AP)

JAKARTA, Jurnas.com – Iran mengatakan akan menanggapi dengan tepat pencabutan akreditasi duta besarnya oleh Ukraina atas dugaan penjualan pesawat tak berawak ke Rusia.

Dalam sebuah pernyataan singkat pada Sabtu (24/9), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Iran, Nasser Kanani, mengatakan keputusan Ukraina menurunkan hubungan diplomatik dengan Iran disesalkan dan berdasarkan laporan yang belum dikonfirmasi media asing.

Kanani tidak menyebutkan drone atau secara eksplisit menyangkal bahwa Teheran telah memasoknya ke Moskow, tetapi mengatakan Iran telah menerapkan kebijakan netralitas aktif yang jelas ketika berhadapan dengan perang di Ukraina karena menekankan permusuhan perlu diselesaikan melalui dialog.

"Banyak pertemuan dan panggilan menteri luar negeri negara kami dengan rekan-rekan Rusia dan Ukraina dalam beberapa bulan terakhir sejalan dengan membantu menyelesaikan krisis," katanya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan dalam sebuah pidato video pada Jumat bahwa penurunan hubungan diplomatik dengan Iran adalah karena pasukan Ukraina menembak jatuh total delapan drone buatan Iran yang baru-baru ini dijual ke Rusia dan digunakan dalam konflik.

"Menanggapi tindakan tidak bersahabat seperti itu, pihak Ukraina telah memutuskan untuk mencabut akreditasi duta besar Iran dan juga secara signifikan mengurangi jumlah staf diplomatik kedutaan besar Iran di Kyiv," katanya.

Menurut otoritas militer di Ukraina, Shahed-136, sebuah kendaraan udara tak berawak kamikaze, dan Mohajer-6 yang lebih besar sejauh ini telah dijatuhkan oleh pertahanan udara.

Bukti nyata pertama penggunaan drone Iran oleh Rusia datang awal bulan ini ketika militer Ukraina menerbitkan beberapa gambar dari apa yang dikatakannya sebagai drone Shahed-136 – dicat dengan warna dan angka Rusia – jatuh di Kupiansk di wilayah Kharkiv.

Satu hari kemudian, intelijen militer Inggris mendukung klaim tersebut, dengan mengatakan sangat mungkin bahwa Rusia mengerahkan drone buatan Iran dalam konflik tersebut.

Pejabat Amerika telah mengklaim sejak Juli bahwa Teheran sedang bersiap untuk menjual ratusan pesawat ke Moskow, dan kemudian mengatakan Iran juga melatih pilot Rusia tentang cara menggunakan drone.

Kemenlu Iran sebelumnya menolak klaim tersebut, dengan mengatakan negara itu tidak akan membantu kedua belah pihak dalam perang, bahkan ketika Teheran yakin NATO telah menjadi akar penyebab konflik.

Selama perjalanan ke Moskow pada akhir Agustus, menteri luar negeri Iran Hossein Amirabdollahian mengatakan dia menyampaikan "inisiatif perdamaian" kepada rekannya - yang dilaporkan media Iran adalah Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Tetapi sebuah artikel yang diterbitkan di surat kabar harian ultrakonservatif Kayhan edisi Sabtu, yang pemimpin redaksinya ditunjuk oleh Pemimpin Tertinggi Ali Hosseini Khamenei, tampaknya menentang posisi resmi Teheran.

"Sudah lama sejak pesawat tak berawak Iran beroperasi di langit Ukraina melawan NATO, kata artikel itu, yang membahas bagaimana para insinyur Iran berhasil mempertahankan dan meningkatkan pesawat militer negara itu meskipun ada beberapa dekade sanksi dan tekanan Barat.

Dikatakan juga ratusan drone telah diekspor ke Rusia dan pada saat outlet AS CNN melaporkan bulan lalu bahwa Iran sedang melatih Rusia, pelatihan pasukan Rusia hampir berakhir.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Konflik Ukraina dan Iran Pesawat Tak Berawak Rusia Volodymyr Zelenskyy Nasser Kanani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :