Sabtu, 20/04/2024 02:08 WIB

Terinfeksi Virus Flu Burung, Kucing di New York Dikarantina

H7N2 adalah jenis virus flu burung, juga dikenal sebagai flu unggas, yang dapat bermutasi dan berpindah ke mamalia seperti kucing, juga mamalia lain termasuk manusia.

Kucing

New York - Virus flu burung (H7N2)  yang umumnya ditemukan pada unggas, telah menginfeksi kucing rumahan di New York. Hal ini membuat  Dinas Kesehatan kota New York mengkarantina ratusan kucing untuk mencegah terjadinya penularan berbahaya kepada manusia menyusul tertularnya seorang dokter hewan di tempat penampungan yang dioperasikan oleh organisasi besar penyelamatan hewan. Lebih dari 450 kucing akan tetap tinggal di tempat penampungan sementara selama lebih dari 90 hari sampai laboratorium Universitas Wisconsin menyatakan bahwa mereka tidak lagi tertular.

Dinas Kesehatan kota New York menyatakan, ini adalah pertama kalinya virus H7N2, yang umumnya ditemukan pada unggas, telah menginfeksi kucing rumahan. Gejala umumnya ringan, termasuk bersin, batuk serta mata dan hidung yang berair.

Virus pertama kali terdeteksi bulan lalu pada 45 kucing yang tinggal di tempat penampungan Manhattan yang dikelola oleh Animal Care Center (ACC) di kota New York. Kemudian muncul pada kucing-kucing di tempat penampungan di Queens dan Brooklyn. Tidak segera diketahui bagaimana kucing-kucing itu terinfeksi virus atau bagaimana virus ini bisa menyebar begitu cepat.

"Kami terus mendesak warga New York yang telah mengadopsi kucing dari penampungan tersebut untuk waspada dengan gejala pada hewan peliharaan mereka dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat, "kata Komisaris Kesehatan New York City, Mary Bassett dalam pernyataan.

Dia mengatakan, risiko H7N2 terhadap kesehatan manusia cukup rendah. H7N2 adalah jenis virus flu burung, juga dikenal sebagai flu unggas, yang dapat bermutasi dan berpindah ke mamalia seperti kucing. Virus ini bisa menginfeksi mamalia lain juga, termasuk manusia, menurut laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). CDC memberikan panduan penanganan flu burung pada kucing di lamannya.

KEYWORD :

Flu burung kucing New York




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :