Jum'at, 26/04/2024 05:45 WIB

Pacu Literasi Anak Lewat Video Animasi Pembelajaran

Pacu Literasi Anak Lewat Video Animasi Pembelajaran

Kepala Badan Bahasa Kemdikburistek, E. Aminudin Aziz (dua dari kiri) dalam sesi konferensi pers (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), meluncurkan Video Animasi Pembelajaran Literasi Numerasi: Petualangan Glen dan Bina Bersama Cican.

Kepala Badan Bahasa E. Aminudin Aziz mengatakan, ini merupakan wujud komitmen Badan Bahasa dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan budaya literasi anak-anak di Indonesia, mulai dari anak usia dini.

Tahun ini, Badan Bahasa membuat bahan penguatan literasi berbentuk video animasi pembelajaran literasi numerasi, untuk anak usia dini dan SD kelas awal. Video animasi tersebut diberi judul `Petualangan Glen dan Bina Bersama Cican`.

"Konsep video animasi ini yaitu menggabungkan antara cerita petualangan, belajar literasi numerasi, serta bernyanyi bersama. Dengan demikian, video animasi ini menarik bagi anak, mampu melatih kognitif anak, menambah pengetahuan anak, dan mampu mengajarkan nilai budi pekerti kepada anak tanpa harus mendikte anak," terang Aminudin Aziz dalam sesi peluncuran pada Sabtu (24/9).

Dia menambahkan, penguatan literasi bagi anak dalam bentuk video animasi merupakan hal penting, karena penumbuhan dan pengembangan budaya literasi numerasi, terutama pada anak usia dini, akan lebih mudah dilakukan melalui media audio visual yang menarik.

"Akhirnya, kami berharap video animasi pembelajaran literasi numerasi `Petualangan Glen dan Bina Bersama Cican` ini dapat diterima dengan baik oleh anak-anak dan para orang tua di Indonesia. Dengan demikian, budaya literasi anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik," harap dia.

Diketahui, Cican adalah karakter kelinci berambut poni dengan potensial penonton lebih dari 1 juta orang. Tokoh kartun ini juga memiliki penggemar usia 3-8 tahun yang tersebar di seluruh Nusantara dengan nama Team Cican.

Karakter ini juga sudah diakui dunia internasional dengan mendapatkan `Best 3 Favorite Character` di ajang Asia Animation Summit 2017 di Brisbane, Australia yang divoting oleh produser animasi global seperti Netflix, Cartoon Network, hingga Disney.

"Kami harap, dengan menonton video animasi ini, anak-anak Indonesia akan mendapatkan hiburan yang menyenangkan dan mendidik. Selain itu, anak-anak juga akan mendapatkan pengetahuan dan pelajaran baru tentang nilai moral, budi pekerti, persahabatan, dan pentingnya mengenal huruf dan angka," imbuh Kepala Badan Bahasa.

Perwakilan HelloMotion, M. Bramtalaras menyampaikan rasa bangganya karena bisa secara langsung berkontribusi dalam pemajuan literasi generasi muda.

"Saya berterima kasih karena telah diberi kesempatan untuk mengedukasi anak-anak Indonesia. Kami sangat bangga bisa ikut bekerja sama dalam proyek ini. Semoga hasil kerja kita bisa membawa banyak kebaikan bagi masyarakat khususnya anak-anak Indonesia," ucap Bram.

Selama 10 episode, Glen dan Bina akan menjadi tokoh utama yang ditemani oleh Cican. Setiap episodenya akan mengangkat tema-tema yang dekat dengan dunia anak-anak.

KEYWORD :

Video Animasi Pembelajaran Badan Bahasa Kemdikbudristek Aminudin Aziz




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :