Sabtu, 20/04/2024 07:52 WIB

Rusia: Kami Tidak Ancam Siapa pun dengan Senjata Nuklir

Rusia: kami tidak ancam siapa pun dengan senjata nuklir.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov. (Foto: PressTV)

JAKARTA, Jurnas.com - Beberapa hari setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin, membuat ancaman nuklir terselubung ke Ukraina dan sekutu Baratnya, para pejabat Rusia mengecilkan peringatan itu.

Pada Jumat (23/9), Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov, mengatakan Moskow tidak mengancam penggunaan senjata nuklir dan bahwa setiap konfrontasi dengan NATO dan Amerika Serikat (AS) bukanlah kepentingan Kremlin.

"Kami tidak mengancam siapa pun dengan senjata nuklir. Kriteria penggunaannya diuraikan dalam doktrin militer Rusia kata Ryabkov kepada wartawan, seperti dikuitp dari Al Jazeera, Sabtu (24/9).

Dalam pidato yang disiarkan televisi awal pekan ini, Putin mengatakan tidak menggertak akan penggunaan senjata nuklir jika wilayah Rusia terancam saat mengumumkan mobilisasi parsial untuk meningkatkan pertempuran militer di Ukraina.

Ryabkov mengatakan Rusia tidak mencari konfrontasi terbuka dengan AS atau NATO dan tidak ingin situasinya meningkat lebih lanjut.

Juga pada Jumat, seperti dilaporkan kantor berita RIA Novosti, Duta Besar Rusia untuk AS, Anatoly Antonov, mengatakan percaya bahwa terlepas dari semua kesulitan, Moskow dan Washington tidak berada di ambang kehancuran ke dalam jurang konflik nuklir.

Hal ini diperkuat dua pensiunan jenderal Rusia mengatakan kepada Al Jazeera bahwa mereka yakin kemungkinan konflik nuklir kecil.

Pada Rabu, Putin mengumumkan mobilisasi pertama Rusia sejak perang dunia kedua dan mengatakan kepada publik bahwa bangsanya berperang melawan Ukraina dan sumber daya militer negara-negara Barat yang mendukung Kyiv.

Dalam pidatonya, Putin mengatakan dia mendukung referendum pencaplokan di empat wilayah yang sedang berlangsung di Ukraina.

Para pejabat Rusia, termasuk mantan Presiden Dmitry Medvedev, mengatakan begitu wilayah itu dimasukkan ke dalam Rusia, serangan Ukraina di wilayah ini akan dianggap sebagai serangan langsung ke Rusia.

Ini berarti, di bawah doktrin nuklir Rusia, Rusia dapat mengizinkan penggunaan senjata nuklir jika Moskow menganggapnya menghadapi ancaman eksistensial.

Sementara itu, pidato di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada hari Kamis sangat kritis terhadap Rusia, dengan negara-negara non-blok bergabung dengan AS dan sekutunya dalam mengutuk invasi ke Ukraina.

Namun Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, yang menghadiri pertemuan Perserikatan Bangsa-Bangsa, mengatakan Ukraina telah menjadi tempat pementasan anti-Rusia untuk menciptakan ancaman terhadap keamanan Rusia.

KEYWORD :

Senjata Nuklir Amerika Serikat Perang Rusia dan Ukraina Sergei Ryabkov Vladimir Putin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :