Kamis, 25/04/2024 14:18 WIB

Ukraina Tembak Jatuh 4 Pesawat Tak Berawak Iran yang Digunakan Rusia

Ukraina tembak jatuh 4 pesawat tak berawak Iran yang digunakan Rusia.
 

Sebuah kendaraan udara tak berawak (UAV), yang oleh pihak berwenang Ukraina dianggap sebagai drone bunuh diri buatan Iran Shahed-136, dan digunakan oleh pasukan Rusia di tengah serangan Rusia ke Ukraina, terlihat di langit di atas Odesa, Ukraina, 23 September 2022. Reuters/ Serhii Smolientsev

JAKARTA, Jurnas.com - Ukraina mengatakan telah menjatuhkan empat pesawat tak berawak "kamikaze" buatan Iran yang digunakan oleh angkatan bersenjata Rusia. Presiden Volodymyr Zelenskyy mengeluhkan Teheran merugikan warga Ukraina.

Otoritas militer di Ukraina selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menembak jatuh kendaraan udara tak berawak Shahed-136 di atas laut dekat pelabuhan Odesa.

Ukraina dan Amerika Serikat (AS) menuduh Iran memasok drone ke Rusia, sesuatu yang dibantah Teheran. Zelenskiy telah meminta kementerian luar negerinya untuk menanggapi penggunaan peralatan Iran, kata juru bicara Serhii Nykyforov.

"Tindakan seperti itu oleh Iran dianggap sebagai langkah terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina dan juga terhadap kehidupan dan kesejahteraan warga Ukraina," katanya dalam sebuah pernyataan.

Pakar militer mengatakan drone akan berguna bagi Rusia untuk pengintaian dan sebagai amunisi berkeliaran yang dapat menunggu waktu mereka dalam menemukan dan menyerang target yang sesuai.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Pesawat Tak Berawak Iran Perang Rusia dan Ukraina Volodymyr Zelenskyy




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :