Kamis, 25/04/2024 18:31 WIB

Temui Menlu Armenia dan Azerbaijan, AS Serukan Perdamaian

Pertempuran, yang masing-masing pihak saling menyalahkan, menyebabkan lebih dari 170 tentara tewas

Konflik di perbatasan Armenia-Azerbaijan (Foto: BBC)

New York, Jurnas.com - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan jika Menteri Luar Negeri (Menlu) Antony Blinken temui Menlu Armenia dan Azerbaijan di New York, menandai pembicaraan langsung pertama antara kedua belah pihak sejak bentrokan perbatasan.

Armenia dan Azerbaijan menyetujui gencatan senjata pekan lalu, mengakhiri dua hari kekerasan terkait dengan perselisihan yang telah berlangsung puluhan tahun antara negara-negara bekas Soviet atas wilayah Nagorno-Karabakh.

Pertempuran, yang masing-masing pihak saling menyalahkan, menyebabkan lebih dari 170 tentara tewas dan mengancam akan menyeret Turki, pendukung utama Azerbaijan, dan sekutu Armenia Rusia ke dalam konflik yang lebih luas pada saat ketegangan geopolitik sudah tinggi. Baca selengkapnya

Menghadiri Ararat Mirzoyan dari Armenia dan Jeyhun Bayramov dari Azerbaijan di sela-sela Sidang Umum PBB, Blinken menekankan perlunya untuk mencegah pertempuran lebih lanjut dan kembali ke proses perdamaian, kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price dalam sebuah pernyataan.

"Mereka membahas langkah selanjutnya, dan Sekretaris mendorong kedua pihak untuk bertemu lagi sebelum akhir bulan," kata Price.

Berbicara sebelum menjamu para menteri luar negeri pada hari Senin, Blinken mengatakan Washington "didorong oleh fakta bahwa pertempuran telah berhenti dan belum ada tindakan militer tambahan selama beberapa hari terakhir."

Pertempuran, dari 12-14 September, adalah yang paling mematikan sejak perang enam minggu pada tahun 2020 yang menewaskan ribuan orang dan membuat Azerbaijan memperoleh keuntungan teritorial yang signifikan di dan sekitar Nagorno-Karabakh.

KEYWORD :

Antony Blinken Armenia Azerbaijan.




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :