Sabtu, 20/04/2024 10:38 WIB

Jaga Stabilitas Cabai dan Bawang Merah, NFA Dorong Pemanfaatan Teknologi Rantai Dingin

Jaga stabilitas cabai dan bawang merah, NFA dorong pemanfaatan teknologi rantai dingin.

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi (kiri) menghadiri Rapat Terbatas yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, (19/9).

JAKARTA, Jurnas.com - Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) mendorong pemanfaatan teknologi rantai dingin dalam proses pasca panen untuk komoditas bawang merah dan cabai.

"Rantai dingin sangat penting untuk memperpanjang masa simpan sehingga kita bisa melakukan stock management," kata Kepala NFA, Arief Prasetyo Adi, usai menghadiri Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin, (19/9).

Arief mengatakan, NFA telah melakukan pendataan sentra-sentra produksi cabai dan bawang merah di seluruh tanah air. Kendala yang dihadapi sama, yaitu keterbatasan fasilitas cold room atau gudang dingin untuk menyimpan hasil panen cabai dan bawang merah.

"Akibatnya baik daerah maupun nasional, tidak bisa melakukan management stock untuk menjaga ketersediaan produk di luar musim panen. Sehingga yang terjadi, saat panen komoditas melimpah, yang mengakibatkan harga jatuh, dan di luar musim panen harga melonjak karena stok terbatas," papar Arief.

NFA saat ini, lanjut Arief, sedang menjalankan program fasilitasi teknologi untuk memperpanjang masa simpan tersebut melalui penyediaan coldroom. Daerah-daerah sentra produksi cabai dan bawang merah menjadi prioritas utama pelaksanaan program.

Program ini turut melibatkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang pangan, yang selanjutnya akan bertindak sebagai offtaker cabai dan bawang merah hasil panen petani.

"Program ini melibatkan BUMN di Bidang pangan yang bertindak sebagai penyerap dan distributor hasil panen. BUMN akan menyiapkan gudang dingin dan coldroom, di mana dalam prosesnya dibantu oleh Kemenkeu melalui skema pinjaman keuangan dengan bunga rendah. Coldroom yang disiapkan menggunakan teknologi ramah lingkungan seperti panel surya atau hybride untuk menekan biaya electricity," terangnya.

Arief mengatakan, iklim ketidakpastian untuk komoditas cabai dan bawang merah ini harus segera diurai. Karena apabila terus berulang akan berdampak buruk bagi keberlangsungan aktivitas pertanian cabai dan bawang merah.

Untuk itu, ia mengajak seluruh pihak baik, pemerintah pusat maupun daerah, BUMN, pelaku usaha swasta, asosiasi, serta para petani memperkuat kolaborasi dalam program fasilitasi teknologi ini.

"Penguatan komoditas cabai dan bawang merah ini sejalan dengan arahan Presiden RI dalam Rapat Terbatas (Ratas), agar produktivitas cabai dan bawang merah terus ditingkatkan, serta dipastikan penyerapan dan distribusinya agar harga bisa stabil sehingga berkontribusi menekan angka inflasi," paparnya.

Selain melalui program fasilitasi teknologi, pihaknya juga telah melakukan langkah stabilisasi melalui program Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP) cabai dan bawang dari daerah surplus ke daerah defisit.

Hingga dengan 18 September 2022, NFA telah memfasilitasi pendistribusian 79,3 ribu kg cabai dari Sulawesi Selatan ke pulau Jawa dan 36,7 ribu kg bawang merah dari Bima ke Palembang, Temanggung, dan Bangka.

"Program fasilitasi distribusi pangan ini akan terus ditingkatkan melalui kerja sama dengan BUMN, asosiasi, petani, dan pemerintah daerah. Untuk menjaga harga komoditas tetap wajar, NFA berkontribusi memberikan subsidi untuk biaya transportasi. Pembiayaan transportasi juga bisa dilakukan dari Pemda sebagaimana yang disampaikan dalam surat Mendagri mengenai pengalokasian sebesar 2 persen dana Dana Transfer Umum (DAU dan DBH) untuk transposrtasi," ujarnya.

Adapun berdasarkan data Prognosa Neraca Pangan Nasional yang diolah NFA, sampai dengan November 2022 ketersediaan cabai dan bawang merah dalam kondisi aman. Cabai rawit tercatat surplus 29 ribu ton, cabai besar surplus 33 ribu ton, dan bawang merah surplus144 ribu ton.

Dari sisi harga, berdasarkan data Panel Harga Pangan NFA per 18 September 2022, harga rata-rata nasional cabai merah keriting di tingkat konsumen Rp 79.100 per kg, cabai rawit merah Rp 90.290 per kg, dan bawang merah Rp 58.740 per kg.

Kedepan sangat memungkinkan kita dapat mengekspor Jagung ke negara lain seperti Malaysia yang sangat memerlukan, setelah kebutuhan dalam negeri dan cadangan kita mencukupi.

KEYWORD :

Bawang Merah Cabai NFA Arief Prasetyo Adi Rantai Dingin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :