Sabtu, 20/04/2024 11:53 WIB

Ferdy Sambo Tidak Dihadirkan di Sidang Banding Pemecatannya dari Polri

Ferdy Sambo tidak akan dihadirkan dalam sidang banding pemecatan dirinya dari Institusi Polri.

Irjen Pol Ferdy Sambo saat tiba di Bareskrim Polri. (Foto: Jurnas/Tangkapan Layar).

Jakarta, Jurnas.com- Sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) Banding atas putusan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) atau pemecatan terhadap tersangka Ferdy Sambo selaku mantan Kadiv Propam Polri, terkait kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, digelar hari ini Senin (19/9/2022).

Disampaikan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, sesuai mekanisme sidang KKEP banding bahwa nantinya tidak akan dihadiri terduga pelanggar atau pendampingnya.

"Sidang nantinya hanya dihadiri perangkat Komisi Banding dan Sekretariat Rowabprof Divpropam Polri," terang Dedi Prasetyo, Senin (19/9/2022).

Sidang banding Ferdy Sambo dijadwalkan dimulai pukul 10.00 WIB dengan dipimpin oleh jenderal bintang tiga alias Komisaris Jenderal (Komjen). Sementara wakil ketua dan anggota sidang banding ada empat pejabat bintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen).

Adapun mekanisme KKEP Banding yang tidak menghadirkan Ferdy Sambo tersebut sesuai dengan Pasal 79 Perpol 7 tahun 2022, di mana menyatakan bahwa Sidang KKEP Banding memeriksa dan meneliti berkas banding meliputi pemeriksaan pendahuluan, persangkaan dan penuntutan, nota pembelaan, putusan Sidang KKEP, dan memori Banding.

"Berkas untuk banding sudah diterima dan dipelajari perangkat komisi nanding, sehingga saat sidang banding menyampaikan pertimbangan masing-masing, penyiapan amar putusan, dan pembacaan putusan," tandas Dedi.

KEYWORD :

Ferdy Sambo Banding Kode Etik Polri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :