Jum'at, 19/04/2024 20:07 WIB

Ellen van Dijk Jadi Juara Dunia Balap Sepeda

Ellen van Dijk Jadi Juara Dunia Balap Sepeda

Ellen van Dijk (Foto: AFP)

Sydney, Jurnas.com - Pebalap asal Belanda, Ellen van Dijk, berhasil mempertahankan mahkota time-trialnya di kejuaraan dunia balap sepeda pada Minggu (18/9), untuk gelar ketiganya dalam karirnya. Perolehan itu melampaui atlet Australia Grace Brown dan juara Eropa Marlen Reusser.

Pebalap 35 tahun itu adalah peserta terakhir yang menuruni tanjakan dan mengejar kecepatan awal Brown untuk menang 12,73 detik dalam 44 menit 28,60 detik dan meraih gelar lain, setelah juga menang pada 2013.

Reusser dari Swiss berada di urutan ketiga, terpaut 41,68 detik pada acara pembukaan kejuaraan dunia jalan raya selama delapan hari di Wollongong, sebuah kota pesisir 80 kilometer (50 mil) selatan Sydney.

Sementara itu, pemegang gelar dua kali dan juara Olimpiade Annemiek van Vleuten gagal naik podium. Atlet Belanda itu hanya menempati urutan ketujuh, 1 menit 43,02 detik di belakang Van Dijk.

"Saya tidak pernah berharap untuk menang. Saya tidak berpikir itu adalah kursus yang sempurna bagi saya, tetapi saya memiliki pendekatan mental dan fisik yang baik dengan pelatih saya," kata Van Dijk dikutip dari AFP.

"Saya hanya berpikir saya akan memberikan segalanya hari ini, tempat podium akan menyenangkan, tetapi jika tidak, tidak, saya masih memiliki tahun yang hebat. Saya tidak pernah berpikir saya akan menang hari ini," imbuh dia.

Untuk pertama kalinya di dunia, perempuan menempuh jarak yang sama dengan pebalap pria, berbagi rute sepanjang 34,2 kilometer (21,2 mil) sepanjang dua putaran sirkuit teknis dan berliku dengan tanjakan kecil.

KEYWORD :

Ellen van Dijk Balap Sepeda Juara Dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :