Kamis, 25/04/2024 14:21 WIB

China Catat Kasus Cacar Monyet Pertama

China catat kasus cacar monyet pertama.

Tabung reaksi berlabel Monkeypox virus positive terlihat dalam ilustrasi ini yang diambil pada 23 Mei 2022. (Foto: REUTERS/Dado Ruvic)

JAKARTA, Jurnas.com - China mencatat kasus cacar monyet (monkeypox) pertamanya pada Jumat (16/9) waktu setempat. Virus ini terdeteksi pada satu orang yang tiba di China dari luar negeri.

Dikutip dari AFP, otoritas kesehatan di kota barat daya Chongqing mengatakan orang tersebut menunjukkan gejala saat menjalani karantina untuk COVID-19.

Di bawah kebijakan nol-COVID China, orang yang memasuki negara itu biasanya harus menyelesaikan isolasi antara satu dan dua minggu pada saat kedatangan.

Pasien cacar monyet didiagnosis setelah mengalami gejala termasuk ruam kulit, komisi kesehatan kota mengatakan dalam sebuah laporan, mengkategorikan kasus itu sebagai infeksi impor.

"Pasien sedang menjalani isolasi terpusat di rumah sakit yang ditunjuk dan dalam kondisi stabil," kata laporan itu.

"Karena pasien segera diisolasi saat memasuki kota, tidak ada jejak penularan sosial, dan risiko penularannya rendah," katanya.

Pekan lalu, Hong Kong mencatat kasus cacar monyet pertamanya pada seorang pria berusia 30 tahun yang menunjukkan gejala saat menjalani masa karantina COVID-19 tiga hari di kota itu untuk kedatangan.

Pasien tidak memiliki kontak dengan masyarakat, menurut seorang pejabat kesehatan, yang mengatakan risiko warga Hong Kong terinfeksi sangat rendah.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Kasus Cacar Monyet China Monkeypox Chongqing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :