Sabtu, 20/04/2024 17:41 WIB

Kemenhan: Bonus Demografi Modal Implementasi Bela Negara

Kemenhan: Bonus Demografi Modal Implementasi Bela Negara

Kepala Pusdiklat Badan Pendidikan dan Pelatihan Kemenhan RI, Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Kepala Pusdiklat Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia mengatakan, puncak bonus demografi Indonesia 2030, menjadi modal untuk pengimplementasian program Bela Negara.

Menurut dia, Indonesia sebagai bangsa yang besar, saat ini berada dalam sejarah tujuh abad yang terus berulang, menyusul kejayaan Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-7 dan Kerajaan Majapahit pada abad ke-14.

Dan milenium ketiga atau abad ke-21 saat ini, lanjut Brigjen Ketut, merupakan kesempatan bagi generasi muda untuk mengulang kejayaan tersebut melalui program Bela Negara.

"Bela negara tidak mesti angka senjata, cukup kita (tentara) yang dididik diberikan senjata. Semua warga negara juga bisa ambil bagian dalam membesarkan Nusantara dengan koridor Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan UUD 1945," kata Brigjen Ketut dalam konferensi pers peluncuran program Pertukaran Mahasiswa Merdeka melalui Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PMM-PKBN) di Kampus Universitas BSI, Bekasi, pada Rabu (14/9).

Sebab tidak mesti angka senjata, program Bela Negara saat ini juga bisa diterjemahkan dengan menguasai teknologi digital. Dengan demikian, Indonesia bisa berkompetisi dengan negara lain di kancah global.

Brigjen Ketut melanjutkan, di Kementerian Pertahanan, pihaknya mengakomodasi generasi milenial dari kalangan sipil melalui Universitas Pertahanan (Unhan), yakni menggaet mereka yang memiliki intelektual di atas rata-rata dan diberikan dasar-dasar Bela Negara.

Selain itu, Kemenhan juga berkolaborasi dengan lulusan-lulusan perguruan tinggi unggul dalam rangka menjadi agen perubahan di bidang teknologi, termasuk pembuatan perangkat lunak (software).

"Dengan adanya generasi muda hasil bonus demografi, di tingkat kebijakan kita akomodir bersatu dalam rangka Bela Negara di bidang pertahanan," tutup dia.

KEYWORD :

Program Bela Negara Kementerian Pertahanan Brigjen Ketut Gede Wetan Pastia Bonus Demografi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :