Kamis, 25/04/2024 17:17 WIB

Survei Membuktikan, Masyarakat Masih Puas dengan Kinerja Jokowi-Ma`ruf Meski BBM Naik

Selain itu, survei juga melaporkan sebanyak 80 persen responden berharap agar kebijakan subsidi dalam bentuk barang agar harga lebih terjangkau.

Ilustrasi survei. (Foto: Net)

Jakarta, Jurnas.com - Masyarakat Indonesia masih merasa puas dengan kinerja pemerintahan Presiden RI Joko Widodo dan Ma’ruf Amin setelah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Hal itu sebagaimana diutarakan Direktur Poligov Muhammad Tri Andika dalam pemaparan hasil survei terbaru dan diskusi publik dengan tema dampak kenaikan BBM terhadap kemiskinan dan kepuasan masyarakat di Jakarta, Minggu (11/9).

“Sebanyak 60 persen responden masih merasa puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Meskipun BBM memberikan dampak penurunan kepuasan kinerja presiden, penurunannya sedikit sekali, kurang lebih 4 persen,” terangnya.

Andika menyebutkan sejumlah temuan dalam survei itu tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah menurun meskipun mayoritas masih merasa puas dengan kinerja pemerintah sebesar 60 persen.

Ia menegaskan bahwa kepuasan masyarakat terhadap pemerintah bukan hanya harga BBM, melainkan masyarakat masih bisa melihat kinerja pemerintah yang lain. Kepuasan itu, kata dia, di antaranya pembangunan infrastruktur hingga proyek-proyek strategis nasional di Indonesia.

“Kebijakan itu membuat responden masih memberikan skor puas kinerja pemerintah,” ungkapnya.

Jika kelak kebijakan terkait dengan harga BBM diubah kembali, dia memperkirakan akan mengembalikan, bahkan meningkatkan tingkat kepuasan masyarakat kepada pemerintah.

Selain itu, survei juga melaporkan sebanyak 80 persen responden berharap agar kebijakan subsidi dalam bentuk barang agar harga lebih terjangkau.

Survei dilakukan terhadap 1.200 responden dengan rentang usia 17 tahun atau lebih. Pengambilan sampel dengan teknik multistage random sampling yang dikontrol oleh 30 koordinator lapangan dalam kurun waktu 3—11 Juli 2022 dan 4—9 September 2022 secara daring. Margin of error (MoE) sekitar 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

KEYWORD :

Survei Poligov Jokowi Ma’ruf Amin BBM bersubsidi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :