Kamis, 25/04/2024 00:14 WIB

HMI Minta Jokowi Selamatkan Institusi Polri, Ada Apa?

Jokowi selaku kepala negara diharapkan bergerak untuk melakukan reformasi terhadap Polri. Saran ini demi untuk menyelamatkan institusi Polri.

Ilustrasi Polri (Suara.com)

Jakarta, Jurnas.com - Kasus tewasnya Novriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J telah menjadi sorotan selama dua bulan belakangan. Citra Polri sebagai penegak hukum ikut tergerus akibat sejumlah anggotanya jadi tersangka dalam kasus tersebut.

Menurut Kabid Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Kepemudaan (PTKP) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) se-Kepulauan Riau, Randi, masyarakat Indonesia dibuat heboh dengan kasus itu. Apalagi salah seorang tersangka merupakan eks Kadiv Propam Mabes Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo

"Rentetan peristiwa tersebut dimulai dengan miss informasinya keterangan polri dengan fakta sesungguhnya," kata Randi, dalam keterangannya, Minggu (11/9).

Dia menyoroti keterangan resmi Polri yang sempat mengumumkan adanya saling baku tembaknya sesama anggota polri antara Bharada E dan Brigadir. Hal ini dipicu karena dugaan tindakan pelecehan seksual terhadap istri Ferdy Sambo, yakni Putri Candrawathi. Namun, kejanggalan itu akhirnya terkuaknya perlahan karena pihak keluarga korban melalui kuasa hukumnya yang berjuang mencari keadilan. 

"Hebat-hebatnya tupai melompat pasti akan tersungkur juga. Upaya hukum keluarga Brigadir J nampaknya membuahkan hasil, satu demi satu fakta terungkap, melibatkan puluhan anggota polri hampir di semua kepangkatan," jelasnya.

Atas alasan itu itu, ia menyarankan agar Presiden Jokowi ikut memperhatikan persoalan ini. Bagi dia, Kapolri Listyo Sigit Prabowo sudah gagal dalam melakukan pembinaan terhadap anggotanya.

Randi berharap Jokowi selaku kepala negara bergerak untuk melakukan reformasi terhadap Polri. Saran ini demi untuk menyelamatkan institusi Polri.

"Segera menyelamatkan Institusi Polri sebagai amanat reformasi dari kegagalan Kapolri dalam melakukan pembinaan terhadap anggotanya," jelasnya.

Dia juga meminta Jokowi juga memperhatikan isu persoalan seperti dugaan sindikat judi online hingga diagram konsorsium 303. Sebab, beberapa pejabat Polri dispekulasikan dengan isu tersebut.

“Apabila benar ada  keterkaitan Anggota Polri dalam skandal tersebut," katanya.

 

KEYWORD :

Himpunan Mahasiswa Islam HMI Ferdy Sambo penembakan Kapolri Listyo Sigit Prabowo Jokowi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :