Sabtu, 20/04/2024 15:03 WIB

Mendag Zulhas Ingin Produk Pangan Indonesia Banjiri Arab Saudi

Mendag Zulhas ingin produk pangan Indonesia banjiri Arab Saudi

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas (tengah). (Dok. Biro Humas Kemendag)

Jakarta, Jurnas.com - Potensi perdagangan Indonesia ke Arab Saudi sangat besar. mengingat jumlah masyarakat Indonesia yang beribadah haji dan umrah ke Arab Saudi setiap tahunnya. Sebagai contoh, jika dengan mengirim 200 ribu lebih jemaah haji dan jutaan jemaah umrah dalam setahun maka sudah punya nilai yang besar.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan atau Zulhas, saat mengunjungi Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) di Jeddah, Arab Saudi seperti disampaikan dalam keterangannya diterima Sabtu, (10/09/22).

"Itu nilai makan saja triliunan yang haji, apalagi kalau sama umrah, banyak sekali. Selama ini telur, ayam, bumbu-bumbu, ikan, sayuran, buah itu dari Vietnam dan Thailand," kata Mendag Zulhas.

Maka dari itu, Zulhas berkeinginan agar produk pangan Indonesia ke depan bisa berkontribusi hingga membanjiri permintaan jemaah umrah dan haji di Arab Saudi. Menurut dia, dari hal ini pentingnya perjanjian dagang antara RI dengan Arab Saudi. Kata dia, RI punya daya beli dan konsumen tapi terkendala karena perjanjian dagang.

"Ini yang kita ingin selesaikan cepat agar perjanjian dagang Indonesia dan Arab Saudi bisa terjadi sehingga produk-produk kita bisa masuk ke Arab Saudi untuk memenuhi permintaan paling tidak haji, umrah, tentu dengan masyarakat sini," tutur Zulhas.

Pun, Zulhas juga berharap agar Arab Saudi ke depan bisa jadi penghubung masuknya produk pangan RI ke kawasan lain terutama Timur Tengah. "Syukur-syukur nanti Arab Saudi jadi hubungin kita untuk ke Afrika, Eropa Timur, Asia Tengah dan lain-lain," jelas Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN itu.

Lebih lanjut, dia menambahkan, saat ini perjanjian kerja sama dagang antara RI dan Saudi masih dalam proses penyelesaian. Dia bilang untuk pembahasan itu, rencananya, Mendag Saudi akan datang ke RI pada 20 September 2022. "Saya datang kemari, kita ingin agar produk-produk dari Indonesia bisa masuk ke Arab Saudi. Saya akan jumpa dengan Mendag Saudi di Jakarta, bulan ini," tutur Zulhas.

Kepala ITPC Jeddah M. Rivai Abbas berharap, agar kunjungan Zulhas bisa jadi momentum ke arah lebih baik dalam perjanjian dagang antara RI dengan Saudi. Bagi dia, dengan kedatangan Zulhas langsung memperlihatkan bukti keseriusan pemerintah RI menjalin kerjasama dengan Saudi. "Bisa jadi tanda keseriusan pemerintah Indonesia dalam menjalin kerjasama dagang ke arah yang lebih serius dan strategis bagi kedua negara," kata Rivai Abbas.

 

KEYWORD :

Mendag Zulhas pproduk pangan Haji dan Umroh Arab Saudi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :