Sabtu, 20/04/2024 19:32 WIB

Pemda Bisa Kendalikan Inflasi Akan Dapat Hadiah dari Menkeu

Pemda bisa kendalikan inflasi akan dapat hadiah dari Menkeu

Ilustrasi pendorong inflasi. (Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah Daerah (Pemda) yang berhasil menurunkan inflasi lebih rendah dari inflasi nasional akan diberikan penghargaan. Dalam hal ini berupa Dana Insentif Daerah (DID). Hal itu, disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani mengatakan, hingga saat ini kontribusi terbesar dari inflasi nasional jika dilihat dari kategorinya merupakan volatile foods (pangan). Kemudian diikuti oleh administered prices (harga yang diatur pemerintah), seperti listrik dan bahan bakar minyak (BBM).

Untuk volatile foods, kontribusi terhadap inflasi nasional hingga bulan Agustus 2022 kemarin cukup tinggi sebesar 11 persen. Meskipun turun di September ini sekitar 8 persen.

"Maka Pemerintah melihat, kalau kita bisa mempertahankan atau menjaga stabilitas harga pangan ini akan sangat menentukan tingkat inflasi kita terkendali. Makanya, sekarang koordinasi dengan daerah-daerah dilakukan," kata Sri Mulyani dalam telekonferensi, Rabu, (7/9/22).

Ani begitu sapaan akrabnya menjelaskan, Pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk ketahanan pangan di 2022 sejumlah Rp 92 triliun. Mulai dari irigasi sampai dengan bibit.

Ani menyampaikan, segala upaya yang telah dilakukan oleh Bulog ataupun Bapanas merupakan untuk menjaga stabilitas harga pangan. Sehingga, kontribusi terbesar terhadap inflasi bisa dilakukan.

"Kemarin kan naik karena cabai, bawang merah. Kalau barang ini bisa diproduksi di dalam negeri harus diproduksi. Kalau gandum memang tidak bisa ditanam di Indonesia. Ini salah satu tantangan untuk stabilkan (inflasi pangan)," ucapnya.

Sejalan dengan itu jelasnya, Pemerintah akan terus berupaya dalam menangani inflasi, melalui Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Bahkan dalam hal ini Pemerintah juga menggunakan insentif.

Di mana saat ini bagi daerah yang bisa menurunkan inflasinya lebih rendah dari nasional akan diberikan penghargaan. "Daerah yang bisa menurunkan inflasinya lebih rendah dari inflasi nasional kita beri reward hadiah dalam bentuk Dana Insentif Daerah," katanya.

Adapun mekanisme untuk melihat bagaimana Inflasi di setiap daerah tersebut akan dihitung oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Dan dari data tersebut Pemerintah akan langsung memberikan penghargaan kepada daerah yang berhasil menurunkan inflasi paling rendah dari nasional.

 

 

KEYWORD :

Menkeu Sri Mulyani Pemda inflasi hadiah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :