Sabtu, 20/04/2024 06:34 WIB

Jokowi Resmi Lantik Azwar Anas Jadi Menpan-RB Gantikan Tjahjo Kumolo

Azwar resmi menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo dengan mengambil sumpah jabatan.

Pelantikan Abdullah Azwar Anas sebagai Menpan-RB

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) pada hari ini Rabu (7/9).

Azwar resmi menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo dengan mengambil sumpah jabatan.

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 91P tahun 2022 Tentang pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

"Bersediakah saudara untuk diambil sumpah menurut agama islam?," kata Presiden Jokowi saat pelantikan di Istana Negara.

"Bersedia," kata Azwar Anas.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan undang-undang dengan selurus-lurusnya. Demi Dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” demikian kutipan pengambilan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi yang diikuti oleh Azwar Anas.

Perlu diketahui, Menpan RB sebelumnya yakni Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022. Tjahjo meninggal karena sakit dan telah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta.

Untuk mengisi kekosongan Kementerian PANRB, Jokowi menunjuk Menko Polhukam Mahfud Md. Mahfud sebagai Plt Menteri PANRB. Penunjukan Mahfud sebagai Plt Menteri PANRB itu terhitung sejak 16 Juli 2022.

KEYWORD :

Jokowi Pelantikan Menpan-RB Abdullah Azwar Anas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :