Jum'at, 19/04/2024 12:57 WIB

Bom Bunuh Diri Meledak di Kedutaan Besar Rusia di Kabul

Bom Bunuh Diri Meledak di Kedutaan Besar Rusia di Kabul

Ilustrasi bom meledak (Foto: Sonora)

JAKARTA, Jurnas.com - Ledakan bom bunuh diri meledak di dekat pintu masuk kedutaan Rusia di Kabul, Afghanistan. Insiden tersebut menewaskan enam orang, termasuk dua karyawan keduaan.

Kementerian Luar Megeri Rusia mengatakan pada hari Senin, menambahkan bahwa militan yang tidak dikenal meledakkan diri di dekat pintu masuk ke bagian konsuler kedutaan pada pukul 10:50 pagi (06:20 GMT).

"Sebagai akibat dari serangan itu, dua karyawan misi diplomatik terbunuh, dan ada juga korban di antara warga Afghanistan," kata kementerian itu. Itu tidak menawarkan rincian apa pun tentang siapa anggota staf atau bagaimana mereka meninggal.

Juru Bicara Kepolisian Kabul mengatakan, empat lainnya yang terbunuh adalah warga sipil Afghanistan.

Polisi mengatakan penyerang itu ditembak mati oleh penjaga bersenjata ketika dia mendekati Gerbang Kedutaan di daerah Darul Aman di barat daya Kabul.

"Penyerang bunuh diri, sebelum mencapai target, diakui dan ditembak oleh kedutaan Rusia (Taliban) penjaga," kata Mawlawi Sabir, Kepala Distrik Polisi tempat serangan itu terjadi,  kepada kantor berita Reuters.

Kelompok ISIL (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu pada hari Senin malam. "Seorang pejuang ISIL meledakkan rompi bunuh diri dalam sebuah pertemuan yang dihadiri karyawan Rusia di dekat kedutaan," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan melalui saluran telegram.

 

 

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Afghanistan mengatakan pasukan Taliban akan mengambil langkah serius untuk mengamankan kedutaan yang beroperasi di negara itu.

"(Pemerintah) memiliki hubungan dekat dengan Rusia; Kita tidak akan pernah membiarkan tindakan negatif musuh memiliki dampak negatif pada hubungan," kata Abdul Qahar Balkhi dalam sebuah pernyataan.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov mengatakan kedutaan itu meningkatkan keamanannya setelah serangan dan otoritas Taliban tambahan, termasuk agen intelijen, dibawa masuk. "Mari kita berharap bahwa penyelenggara tindakan teroris ini dan pelaku akan dihukum," kata Lavrov.

 

Kekerasan di Afghanistan sebagian besar menurun sejak Taliban kembali berkuasa, tetapi beberapa ledakan bom yang dikaitkan dengan afiliasi ISIL telah mengguncang negara itu dalam beberapa bulan terakhir.

Penyerangan ini adalah yang terbaru dari serangkaian pemboman, banyak dari mereka yang diklaim oleh ISIL, yang sebagian besar menargetkan posisi Taliban atau masjid kelompok minoritas, khususnya Muslim Syiah.

Namun, bom bunuh diri pada Senin tampaknya menjadi yang pertama menargetkan misi diplomatik asing di Kabul sejak pengambilalihan Taliban pada Agustus 2021.

Rusia adalah salah satu dari sedikit negara yang mempertahankan kedutaan di Kabul setelah Taliban mengambil alih negara itu lebih dari setahun yang lalu. Meskipun Moskow tidak secara resmi mengakui pemerintah Taliban, itu telah melakukan pembicaraan dengan pejabat atas perjanjian untuk memasok bensin dan komoditas lainnya.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Bom Bunuh Diri Serangan ISIS Afghanistan Kedudaan Besar Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :