Jum'at, 26/04/2024 02:20 WIB

Wow, Gelombang Pantai Selatan Capai Empat Meter

Wisatawan diimbau untuk tidak berenang di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas karena gelombang tinggi dapat terjadi sewaktu-waktu.

Pantai Batu Nunggul

Cilacap – Para nelayan dan wisatawan di Pantai Selatan Jawa harus waspada. Sebab, tinggi gelombang maksimum di wilayah pantai selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta berpeluang mencapai empat meter.

"Oleh karena itu, kami mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku hingga 13 Januari 2017," kata prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap, Adnan Dendy Mardika di Cilacap, Kamis (12/1).

Menurut dia, peningkatan tinggi gelombang itu terjadi akibat pengaruh daerah pusat tekanan rendah di Samudra Hindia selatan Jawa Barat yang hingga saat ini telah mencapai 1.006 milibar. Ia mengatakan kondisi tersebut mengakibatkan peningkatan kecepatan angin yang berdampak pada peningkatan tinggi gelombang.

Dalam hal ini, tinggi gelombang di wilayah pantai selatan Jateng-DIY diprakirakan berkisar 2,5-4 meter dengan kecepatan angin berkisar 8-20 knots. Sementara di wilayah Samudra Hindia selatan Jateng-DIY, lanjut dia, tinggi gelombang diprakirakan berkisar 2-3 meter dengan kecepatan angin berkisar 10-20 knots.

Terkait hal itu, Adnan mengimbau wisatawan untuk tidak berenang di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas karena gelombang tinggi dapat terjadi sewaktu-waktu. "Bagi nelayan tradisional yang menggunakan perahu berukuran kecil diimbau untuk berhati-hati dan waspada saat melaut terhadap kemungkinan terjadinya gelombang tinggi," kata dia seperti dikutip Antara.

BMKG akan terus memantau perkembangan tinggi gelombang tersebut dan segera menginformasikan kepada masyarakat jika ada perkembangan terbaru.

KEYWORD :

Ombak Gelombang Laut Pantai Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :