Sabtu, 20/04/2024 03:56 WIB

Erdogan Ancam Yunani akan Bayar Harga Mahal Jika Terus Lecehkan Jet Tempur Turki

Erdogan ancam Yunani akan bayar harga mahal jika terus lecehkan tet tempur Turki 

Presiden Turki Tayyip Erdogan berbicara selama konferensi pers setelah KTT NATO, di Brussels, Belgia, pada 24 Maret 2022. (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Recep Tayyip Erdogan telah memperingatkan Yunani akan membayar harga yang mahal jika terus melecehkan jet tempur Turki di atas Laut Aegea dan mengisyaratkan aksi militer.

Kedua tetangga NATO yang gelisah itu memiliki perselisihan batas laut dan udara yang telah berlangsung lama yang menyebabkan patroli angkatan udara hampir setiap hari dan misi intersepsi sebagian besar di sekitar pulau-pulau Yunani di dekat garis pantai Turki.

"Hei Yunani, lihatlah sejarah. Jika Anda melangkah lebih jauh, Anda akan membayar harga yang mahal," kata Erdogan dalam rapat umum di kota Samsun di Laut Hitam pada hari Sabtu.

Saingan bersejarah Turki dan Yunani telah berselisih mengenai masalah mulai dari penerbangan dan status pulau Aegea hingga batas maritim dan sumber daya hidrokarbon di Mediterania, serta pembagian Siprus tahun 1974.

Turki dalam beberapa bulan terakhir mengeluhkan apa yang disebutnya tindakan provokatif oleh Athena, dengan mengatakan langkah seperti itu merusak upaya perdamaian.

Dalam satu insiden seperti itu, Ankara mengatakan akhir pekan lalu Yunani telah menggunakan sistem pertahanan udara buatan Rusia untuk mengganggu jet Turki dalam misi pengintaian dalam apa yang disebutnya sebagai "aksi permusuhan".

Dalam pidatonya, Erdogan menuduh Yunani berusaha mengancam Turki dengan S-300. Athena telah menolak tuduhan itu dan sering menuduh Ankara terbang di atas pulau-pulau Yunani.

Erdogan yang marah menuduh Yunani "menduduki" pulau-pulau di Laut Aegea yang memiliki status demiliterisasi. "Kami hanya memiliki satu kata untuk memberitahu Yunani: jangan lupakan Izmir (Smyrna dalam bahasa Yunani)," kata Erdogan, mengacu pada akhir pendudukan Yunani setelah pasukan Turki memasuki kota di pantai Aegean pada tahun 1922.

"Pendudukan Anda atas pulau-pulau itu tidak mengikat kami," kata Erdogan.

Ankara baru-baru ini menuduh Athena mempersenjatai pulau-pulau Aegean yang didemiliterisasi - sesuatu yang ditolak Athena, tetapi Erdogan sebelumnya tidak menuduh Yunani menduduki mereka.

Pada Juni, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan Ankara akan menantang kedaulatan Yunani atas pulau-pulau itu jika terus mengirim pasukan ke sana.

Laut Aegea memiliki geografi yang kompleks dengan lebih dari 2.000 pulau, kebanyakan dari mereka adalah milik Yunani.

Kedua negara datang ke ambang perang pada 1990-an atas sepasang pulau kecil tak berpenghuni yang dikenal secara kolektif sebagai Kardak dalam bahasa Turki dan Imia dalam bahasa Yunani.

Erdogan memutuskan dialog dengan Yunani setelah menuduh Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis melobi penjualan senjata Amerika Serikat (AS) ke negaranya.

Yunani dan Turki juga mencari senjata AS. Pada bulan Juni, Yunani meresmikan permintaan jet tempur F-35 buatan AS.

Turki sedang bernegosiasi untuk pembelian F-16 setelah Washington mengeluarkan Ankara dari program F-35 karena menerima pengiriman sistem pertahanan rudal Rusia yang canggih pada 2019.

Sumber AFP

KEYWORD :

Recep Tayyip Erdogan Yunani Jet Tempur Turki




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :