Jum'at, 26/04/2024 06:08 WIB

Ledakan Masjid di Afghanistan Tewaskan Ulama Terkemuka dan Warga Sipil

Ledakan masjid di Afghanistan tewaskan ulama terkemuka dan warga sipil.

Pejuang Taliban memblokir jalan setelah ledakan saat salat Jumat di Masjid Gazargah, masjid terbesar di Herat (AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Sebuah ledakan di sebuah masjid di kota Herat di Afghanistan barat menewaskan seorang cendekiawan pro-Taliban terkenal serta lebih dari puluhan warga sipil.

Dikutip dari Al Jazeera, foto yang beredar di media sosial pada Jumat (2/9) menunjukkan apa yang tampak seperti mayat berlumuran darah berserakan di sekitar kompleks masjid. Tidak ada klaim tanggung jawab segera.

"Delapan belas orang tewas dalam insiden itu dan 23 lainnya terluka," kata Juru Bicara Gubernur Provinsi Herat,  Hameedullah Motawakel kepada wartawan.

Ledakan terjadi di Masjid Guzargah saat salat Jumat.

"Mujib Rahman Ansari dengan beberapa pengawalnya dan warga sipil tewas dalam perjalanan menuju masjid," kata Juru Bicara Polisi Herat Mahmoud Rasooli. "Salah satu pelaku bom bunuh diri meledakkan dirinya sambil mencium tangannya."

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan para pelaku di balik pemboman itu akan dihukum. "Ulama negara yang kuat dan berani menjadi martir dalam serangan brutal," kata Mujahid di Twitter.

Mati dan terluka

Pejabat Taliban Abdul Nafi Takor mengkonfirmasi ledakan hari Jumat dan mengatakan ada yang tewas dan terluka tetapi mengatakan dia tidak memiliki rincian lebih lanjut.

Mujib Rahman Ansari telah berbicara keras membela Taliban pada pertemuan besar ribuan ulama dan tetua yang diselenggarakan oleh kelompok itu pada akhir Juni, mengutuk siapa pun yang menentang pemerintahannya.

Ansari adalah cendekiawan pro-Taliban kedua yang tewas dalam ledakan dalam waktu kurang dari sebulan, setelah Rahimullah Haqqani meninggal dalam serangan bunuh diri di madrasahnya di Kabul. Haqqani dikenal karena pidato kemarahannya terhadap kelompok bersenjata ISIL (ISIS), yang kemudian mengaku bertanggung jawab atas kematiannya.

Taliban mengatakan mereka telah meningkatkan keamanan di negara itu sejak mengambil alih kekuasaan sekitar setahun yang lalu tetapi ada beberapa ledakan dalam beberapa bulan terakhir, beberapa di antaranya terjadi setelah masjid-masjid yang sibuk selama salat.

Serangan masjid sebelumnya telah diklaim oleh ISIL, yang telah melakukan serangkaian serangan terhadap agama dan etnis minoritas di Afghanistan, serta target Taliban.

Masjid Herat menarik pengikut Islam Sunni, aliran dominan di Afghanistan yang juga diikuti oleh Taliban. ISIL telah meluncurkan beberapa serangan bunuh diri selama salat Jumat dengan fokus menargetkan Muslim Syiah.

KEYWORD :

Ledakan Masjid Kabul Afghanistan Taliban Muslim Syiah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :