Sabtu, 20/04/2024 11:01 WIB

Yuk Intip Empat Strategi Hadapi ANBK 2022

Yuk Intip Empat Strategi Hadapi ANBK 2022

Ilustrasi ANBK 2022 (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 akan berlangsung pada September ini. Sebagai pengganti Ujian Nasional yang sebelumnya menjadi penentu kelulusan sekolah, ANBK merupakan asesmen yang bertujuan memotret mutu pembelajaran di satuan pendidikan.

Terdapat tiga instrumen dalam ANBK. Pertama, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), yang ditujukan untuk mengukur literasi membaca dan matematika peserta didik. Kedua, Survei Karakter untuk mengukut enam karakter profil Pelajar Pancasila. Ketiga, Survei Lingkungan Belajar, yang dikerjakan oleh seluruh instrumen sekolah seperti murid, guru, dan kepala sekolah.

Lantas, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi ANBK? Ini empat strategi yang harus dilakukan menurut platform edukasi berbasis teknologi, Zenius:

1. Mengetahui Komposisi Susunan Soal dan Durasi Ujian
Pastikan kamu mencari tahu tentang susunan komposisi soal dan durasi waktu ujian. Dengan mengetahui kedua hal ini, kamu dapat menyusun manajemen waktu untuk mengeksekusi ujian secara maksimal.

2. Berlatih Soal
Latihan soal menjadi cara terbaik untuk mempersiapkan diri menjelang ANBK. Zenius menyediakan banyak contoh soal di platform digitalnya secara gratis.

3. Menjawab Soal dengan Benar Sebanyak-Banyaknya
Dengan berlatih soal sebanyak-banyaknya, maka besar kemungkinan kamu lebih familiar dengan soal-soal yang disajikan saat ujian. Fokus kerjakan soal-soal yang terasa lebih mudah bagimu, dan gunakan waktu yang tersisa untuk menjawab soal-soal yang lebih sulit.

4. Istirahat yang Cukup dan Percaya pada Kemampuanmu
Perhatikan waktu istirahat agar konsentrasi dan daya fokusmu terjaga selama ujian. Jangan terlalu memaksakan kondisimu saat persiapan, karena justru dengan memiliki jam istirahat yang cukup, kondisi fisik dan daya fokusmu dapat terjaga maksimal di hari ujian.

KEYWORD :

ANBK Asesmen Nasional Berbasis Kompetensi Zenius




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :