Kamis, 25/04/2024 05:58 WIB

Uni Eropa Perketat Izin Visa bagi Orang Rusia

Uni Eropa perketat izin visa bagi orang Rusia.

Bendera Uni Eropa (Foto: UB Post)

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Uni Eropa pada Rabu (31/8) menangguhkan kesepakatan fasilitasi visa dengan Moskow, sehingga sulit bagi Rusia untuk mendapatkan visa untuk melakukan perjalanan ke Uni Eropa tersebut.

Blok tersebut masih menghindar dari menyetujui larangan visa di seluruh Uni Eropa yang diminta oleh Ukraina dan beberapa negara anggota lainnya.

Uni Eropa terpecah untuk menyetujui larangan menyeluruh pada tahap ini, dan juga tidak jelas tindakan sepihak apa yang dapat diambil oleh Estonia, Latvia, Lithuania, Polandia dan Finlandia, yang memiliki perbatasan darat dengan Rusia, untuk membatasi akses ke pengunjung Rusia.

Kelima negara ini menyambut baik penangguhan kesepakatan fasilitasi visa Rusia sebagai langkah ke arah yang benar. Akan tetapi empat dari negara tersebut menekankan bahwa lebih baik dilakukan pembatasan jumlah visa yang dikeluarkan terhadap orang Rusia yang bepergian ke wilayah Uni Eropa.

"Sampai langkah-langkah seperti itu diterapkan di tingkat UE, kami … akan mempertimbangkan untuk memperkenalkan langkah-langkah sementara larangan visa di tingkat nasional, atau membatasi penyeberangan perbatasan bagi warga negara Rusia yang memegang visa UE, untuk mengatasi masalah keamanan publik yang akan segera terjadi," kata Latvia, Lithuania, Estonia dan Polandia dalam sebuah pernyataan bersama.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Alexander Grushko mengatakan Moskow tidak akan membiarkan langkah itu tanpa konsekuensi. "Jika Brussel memutuskan untuk menembak kaki mereka sendiri sekali lagi, ini adalah pilihan mereka," katanya, menurut kantor berita RIA.

Menteri Luar Negeri Ceko, Jan Lipavsky mengatakan Komisi eksekutif UE memang akan mencari cara untuk melangkah lebih jauh, termasuk apa yang dapat dilakukan dengan apa yang dikatakan Lipavsky adalah sekitar 12 juta visa Schengen yang telah dikeluarkan untuk Rusia – mengacu pada zona perbatasan terbuka 26 negara.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, berpendapat bahwa penangguhan kesepakatan fasilitasi visa dengan sendirinya akan berdampak nyata.

"Ini akan secara signifikan mengurangi jumlah visa baru yang dikeluarkan oleh negara-negara anggota Uni Eropa. Ini akan menjadi lebih sulit; itu akan memakan waktu lebih lama," katanya pada konferensi pers di akhir pertemuan dua hari para menteri luar negeri Uni Eropa di Praha.

KEYWORD :

Uni Eropa Ukraina Perketat Izin Visa Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :