Kamis, 18/04/2024 10:49 WIB

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Pengembangan Hatta Memorial Heritage Virtual

Kehadiran Hatta Memorial Heritage Virtual jika dikembangkan lebih jauh juga bisa melestarikan perjuangan dan pemikiran Bung Hatta sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia agar bisa diteladani oleh generasi bangsa saat ini.

Ketua MPR, Bambang Soesatyo menerima jajaran Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH), di Jakarta, Rabu (31/8/22). (Foto: Humas MPR)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terjun langsung membantu pengembangan Hatta Memorial Heritage Virtual (HMH- Virtual), museum Bung Hatta dalam bentuk platform metaverse yang dirancang Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH).

Selain sebagai media wisata sejarah yang kekinian sesuai kebutuhan generasi milenial, kehadiran Hatta Memorial Heritage Virtual jika dikembangkan lebih jauh juga bisa melestarikan perjuangan dan pemikiran Bung Hatta sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia agar bisa diteladani oleh generasi bangsa saat ini.

"Langkah Yayasan Proklamator Bung Hatta di bawah pembina Ibu Meutia Farida Hatta yang merupakan putri kandung Bung Hatta dalam menghadirkan perjuangan dan pemikiran Bung Hatta di dunia metaverse patut didukung oleh negara. Salah satunya melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Mengingat Bung Hatta merupakan milik bangsa Indonesia, sehingga melestarikan perjuangan dan pemikirannya juga merupakan tugas seluruh elemen bangsa," ujar Bamsoet usai menerima jajaran Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH), di Jakarta, Rabu (31/8/22).

Bamsoet menjelaskan, kehadiran Hatta Memorial Heritage Virtual membuktikan bahwa perkembangan museum di Indonesia sudah menyesuaikan perkembangan transformasi teknologi informasi dunia. Sehingga bukan hanya masyarakat Indonesia, warga dunia yang ingin mengetahui lebih jauh tentang sosok pemikiran dan perjuangan Bung Hatta juga bisa mengaksesnya melalui Hatta Memorial Heritage Virtual.

"Pengunjung Hatta Memorial Heritage Virtual bisa menjelajahi dan merasakan perjalanan hidup serta perjuangan Bung Hatta. Dari mulai mengunjungi rumah kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi hingga mengunjungi tempat-tempat persinggahan Bung Hatta seperti tempat pembuangan di Digul, Banda Neira dan lainnya," jelas Bamsoet.

Bamsoet menerangkan, pengembangan Hatta Memorial Heritage Virtual rencananya dilakukan dalam 4 fase. Pada Fase 1 fokus pada pengembangan 3D model monumen dan patung Bung Hatta. Fase 2 pengembangan 3D model rumah tempat tinggal Bung Hatta saat remaja. Fase 3 pengembangan 3D model dari lokasi Jam Gadang. Serta Fase 4 pengembangan 3D model gedung lainnya.

"Di dalam Hatta Memorial Heritage Virtual juga akan disediakan berbagai fitur entertainment yang menarik. Antara lain, quiz seputar Bung Hatta, teater untuk menonton kisah perjuangan Bung Hatta, hingga diorama room berupa ruangan yang menampilkan objek atau miniatur lokasi yang berhubungan dengan sejarah Bung Hatta," pungkas Bamsoet.

KEYWORD :

Kinerja MPR Bambang Soesatyo Bung Hatta Memorial Heritage Virtual Metaverse




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :