Selasa, 23/04/2024 23:23 WIB

Puan Maharani Sebut Gen Z Titik Awal Kejayaan Indonesia

Puan Maharani Sebut gen z titik awal kejayaan Indonesia.

Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri Festival GenRe yang digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Forum GenRe Indonesia di Badung-Bali, Selasa (30/8).

JAKARTA , Jurnas.com - Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri Festival GenRe yang digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Forum GenRe Indonesia di Badung-Bali, Selasa (30/8).

"Saya melihat Gen Z sebagai titik awal masa kejayaan Indonesia. Anak-anak muda ini nantinya akan mengikuti zaman dan globalisasi, mereka akan memutuskan apakah Indonesia bisa mencapai Indonesia Emas Tahun 2045 atau tidak," kata Puan pada kesempatan tersebut.

Menurut Puan, remaja lebih mau mendengarkan anak seusianya daripada mendengarkan nasihat dari orang yang lebih tua.

Untuk itu, dalam mempersiapkan remaja yang berkualitas, ia berharap BKKBN dan Genre dapat memanfaatkan peluang melalui program-program yang ada, salah satunya adalah dengan sosialisasi oleh Duta Genre yang ke depannya diharapkan akan membentuk perencanaan berkeluarga yang matang.

"Setiap remaja pasti memiliki rencana hidup. Setelah bersekolah biasanya mau kerja, lalu lanjut menikah. Apa yang menjadi rencananya itu harus diperhatikan juga. Jangan hanya siap secara fisiknya saja, melainkan siap lahir, batin juga mentalnya," ujarnya.

Puan juga menyampaikan perencanaan berkeluarga sangat erat kaitannya dengan pencegahan stunting. Remaja perempuan yang akan menjadi calon ibu harus mempersiapkan diri agar anak bisa dikandung dan dilahirkan dengan sehat.

"Pra konsepsi dan 1000 HPK sangat penting untuk kita sosialisasikan dan upayakan bersama. Hal ini sangat menentukan masa depan generasi Bangsa Indonesia yang hebat, cerdas, dan berkualitas," jelas Puan.

Sementara itu, Menteri PPPA sekaligus Bunda Genre Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawanti dalam sambutannya menyampaikan, PPPA mendapatkan lima amanat dari Presiden yang harus diselesaikan, salah satunya adalah pencegahan perkawinan anak, yang memiliki andil yang besar dalam penurunan stunting.

"Perkawinan anak sangat berkaitan langsung antara kesiapan fisik dan psikis ibu terhadap kondisi kesehatan bayi. Jika ibu belum cukup usia, maka bayi yang dilahirkan tidak dapat berkembang maksimal. Begitu pula jika ibu belum siap mental, stress dan depresi berkelanjutan, sangat mempengaruhi kualitas ASI ibu," kata Bintang.

Sebagai Bunda Genre dan Bunda Forum Anak, Bintang berharap sinergi para Duta Genre dan Forum Anak dapat dilakukan dengan maksimal, karena kolaborasi dan sinergi antara Forum Anak dan para Duta Genre merupakan kekuatan besar anak muda yang mampu menggerakkan anak-anak dan remaja.

"Dua wadah ini saling menguatkan dan saling melengkapi satu sama lain. Untuk itu, anak-anak yang tergabung dalam forum anak dan Duta GenRe, saya harap kalian bisa menjadi agen perubahan dan inspirator bagi remaja seusia kalian untuk membiasakan pola hidup sehat dan merencanakan generasi masa depan yang gemilang," ucapnya.

Terakhir, Bintang mengajak kepada semua stakeholder untuk bersinergi dan berkolaborasi untuk mewujudkan anak-anak Indonesia yang bebas stunting dan berkualitas menuju cita-cita Indonesia Layak Anak (IDOLA) Tahun 2030 dan Indonesia Emas Tahun 2045.

"Kita hanya bisa menjadi negara yang maju apabila anak-anak kita tumbuh dengan kondisi sehat lahir batin, cerdas dan berakhlak, serta berkarakter. Mari bersama-sama kita bersinergi agar seluruh anak Indonesia menjadi anak yang berkualitas,"katanya.

Kepala BKKBN), Hasto Wardoyo berharap kegiatan ini dapat mengedukasi remaja agar dapat menerapkan usia menikah ideal dalam kehidupan dan dapat menjadi media untuk menyebarluaskan edukasi terkait penyiapan berkeluarga agar remaja mengetahui apa saja kesiapan sebelum menikah, agar remaja dapat menciptakan keluaraga Bahagia dan sejahter.

"Dengan adanya Duta Genre dan Forum Anak, sosialisasi dan promosi program akan lebih efektif karena komunikasi yang lebih terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh, dan untuk remaja. Duta Genre akan memberi nilai lebih dalam sosialisasi dan promosi program Genre," kata Hasto.

KEYWORD :

Festival Genre Puan Maharani Gen Z Hasto Wardoyo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :