Kamis, 25/04/2024 09:03 WIB

Ukraina Tuding Rusia Lakukan Terorisme Ekonomi

Ukraina tuding Rusia lakukan terorisme ekonomi.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara selama sesi parlemen di Kyiv, Ukraina, pada 3 Mei 2022. (Foto: Layanan Pers Presiden Ukraina/Handout via REUTERS)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy menuduh Rusia melakukan terorisme ekonomi dengan mencoba mencegah negara-negara Eropa menyetok gas menjelang musim dingin.

Bagaimana menanggapi kenaikan harga gas, yang diperburuk oleh tekanan pasokan dari Rusia, menjadi agenda politik utama di seluruh benua saat musim gugur mendekat.

Zelenskyy berbicara dalam pidato video pada konferensi energi di Norwegia. Komentarnya muncul ketika Gazprom Rusia merencanakan pemeliharaan minggu ini yang akan menghentikan aliran gas di sepanjang pipa Nord Stream 1 yang menghubungkan Rusia dan Jerman melalui Laut Baltik.

Pemadaman itu telah memicu kekhawatiran bahwa Rusia membatasi pasokan untuk menekan negara-negara Barat yang menentang invasinya ke Ukraina, tuduhan yang dibantah Moskow.

Harga listrik patokan Jerman untuk 2023 menembus 1.000 euro per megawatt jam untuk pertama kalinya pada Senin karena kekhawatiran pasokan membuat harga gas dan bahan bakar terkait seperti listrik dan batu bara tetap tinggi.

Perdana Menteri Ceko, Petr Fiala mengatakan bahwa tanggapan harus dikoordinasikan oleh Uni Eropa ketika negaranya mengadakan pertemuan darurat para menteri energi.

"Menjelang Dewan Energi UE, kami ingin menemukan cara untuk membantu orang dan bisnis yang dapat kami sepakati dengan para pemimpin Eropa lainnya," tambahnya.

Ceko, yang memegang jabatan presiden bergilir Uni Eropa, mengatakan pertemuan itu akan diadakan pada 9 September.

Republik Ceko mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya sedang mencari dukungan untuk membatasi harga energi di seluruh blok, sebuah langkah yang diperjuangkan oleh Perdana Menteri Italia Mario Draghi.

Negara-negara seperti Jerman dan Italia, yang sangat bergantung pada impor gas Rusia untuk energi mereka, telah membangun tingkat penyimpanan menjelang bulan-bulan musim dingin ketika permintaan memuncak.

Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck mengatakan pada Senin bahwa fasilitas gas Jerman lebih dari 80 persen penuh dan ia memperkirakan harga akan turun. Italia telah mencapai level yang sama, memberikan perlindungan terhadap guncangan pasokan lebih lanjut.

"Akibatnya, pasar akan tenang dan turun," kata Habeck.

Habeck juga menegaskan kembali bahwa Jerman tidak akan membiarkan efek domino ala Lehman Brothers terjadi di pasar gasnya.

"Saya berjanji atas nama pemerintah Jerman bahwa kami akan selalu memastikan likuiditas untuk semua perusahaan energi, bahwa kami tidak memiliki efek Lehman Brothers di pasar," kata Habeck, mengacu pada runtuhnya bank investasi AS, yang membantu memicu krisis keuangan 2008.

Ada prediksi yang kurang optimis dari kepala perusahaan gas utama Shell yang memperingatkan bahwa kekurangan gas bisa berlanjut.

"Mungkin kita akan mengalami sejumlah musim dingin di mana kita harus menemukan solusi," kata CEO Shell Ben van Beurden dalam konferensi pers pada pertemuan industri di kota Stavanger, Norwegia.

Pendiri Tesla Elon Musk mengatakan kepada wartawan di acara yang sama bahwa dunia harus terus mengekstrak minyak dan gas untuk mempertahankan peradaban, sementara juga mengembangkan sumber energi yang berkelanjutan.

"Secara realistis saya pikir kita perlu menggunakan minyak dan gas dalam jangka pendek, karena jika tidak, peradaban akan runtuh," kata Musk.

Sumber: Alarabiyanews

KEYWORD :

Ukraina Volodymyr Zelenskyy Terorisme Ekonomi Rusia Uni Eropa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :