Jum'at, 19/04/2024 05:49 WIB

Jadi Duta Genre Indonesia 2022, Novera akan Fokus Tangani Korban Pelecehan Seksual

Jadi Duta Genre Indonesia 2022, Novera akan fokus tangani korban pelecehan seksual.

I Kadek Marssel Bagia Sedana dari Provinsi Bali dan Novera Mawaddah Khairani dari Provinsi Riau terpilih menjadi juara pertama Duta Generasi Berencana (Genre) Indonesia tahun 2022 kategori putra dan putri.

JAKARTA, Jurnas.com - Novera Mawaddah Khairani dari Provinsi Riau terpilih menjadi Duta Generasi Berencana (Genre) Putri 2022 mengatakan  akan fokus kasus-kasus terkait pelecehan seksual terhadap kaum perempuan.

"Jadi salah satu program khusus saya memang terkait perempuan. Perempuan ini banyak berperan banget. Kalau perempuannya berubah maka semua akan berubah," kata Novera, Sabtu, (27/8).

Menurut Vera, isu terkait perempuan menjadi konsen dirinya sebagai Duta Genre Indonesia terpilih. Menurutnya, perempuan adalah tulang punggung bagi generasi penerus bangsa yang lebih baik.

Vera, sapaan mahasiswi Fakultas Kedokteran di Universitas Riau ini, mengajak remaja putri untuk lebih peduli dan mencari solusi atas korban pelecehan seksual yang umumnya menimpa kaum wanita.

Vera mengatakan, hal pertama yang dilakukannya adalah melakukan edukasi kepada seluruh remaja, terutama kaum perempuan terkait apa yang harus dilakukan jika pelecehan seksual terjadi kepada dirinya. Sebab, kebanyakan korban hanya bisa memendam sendiri pengalaman buruknya itu.

"Banyak sekali mereka yang sudah menjadi korban maka sudah berakhir hidupnya. Di situ kita masuk, di situ kita bersedia untuk menjadi teman cerita, memberikan solusi dan juga bekerjasama dengan psikolog dan berbagai macam aspek yang berhubungan terhadap korban tersebut," jelas Vera.

Pemilihan Duta Genre Indonesia merupakan agenda tahunan yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang bertujuan untuk menjadikan role model bagi anak-anak muda yang kreatif, inovatif, dan punya pemikiran-pemikiran yang maju guna menyiapkan masa depan.

Vera diumumkan terpilih sebagai pemenang pada Gema Malam Genre yang merupakan kegiatan puncak Apresiasi Duta Genre Indonesia dan Jambore Ajang Kreativitas Genre yang diselenggarakan mulai 17 hingga 21 Agustus 2022. Seluruhnya ada 68 Duta Genre putra dan putri yang mewakili 34 provinsi yang ikut dalam pemilihan.

Vera terpilih menjadi Duta Genre Indonesia 2022 dalam pemilihan yang diikuti 12 finalis. Pada grand final, Vera berhasil menyisihkan finalis dari tuan rumah Yogyakarta, yang kemudian menjadi runner up.

Sebagai Duta Genre Indonesia 2022 yang menyisihkan Duta Genre dari provinsi-provinsi lainnya, Vera tentu punya program dan agenda yang baik bagi kaum remaja untuk menyiapkan masa depan mereka.

Menurut Vera, fokus berikutnya adalah edukasi terkait anemia pada saat kehamilan dan edukasi tentang kesehatan reproduksi.

"Selain dari itu kita fokus dan berperan aktif ada dalam percepatan penurunan stunting. Berdasarkan Perpres Nomor 7 Tahun 2021 dijelaskan ada lima pilar yang berperan penting dalam penurunan stunting, salah satunya adalah remaja," katanya.

Peran aktif yang dilakukan oleh Vera dan kawan-kawan GenRe antara lain memberikan edukasi, menerapkan pada diri sendiri dan mengajak orang lain untuk ikut bersama-sama mencegah stunting, misalnya sosialisasi bahaya pernikahan dini.

Selanjutnya, dua masalah remaja yang coba dirampungkan melalui diantaranya mencegah terjadinya seks bebas dan juga Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (Napza). Dua hal ini juga akan gencar disosialisasikan.

Dengan gencarnya sosialisasi yang akan dilakukan GenRe Indonesia ke depan, Vera berharap agar para remaja semakin sadar bahwa dirinya punya potensi yang sangat besar untuk menjadi kreatif dan inovatif untuk Indonesia.

“Jadi mereka nggam perlu merasa kecil dan lebih rendah dari negara lain karena Indoensia kaya. Jadi remaja harus sadar dan memanfatkan hal itu untuk bisa memajukan Indonesia, mereka tau apa yang harus mereka lakukan ke depannya,” ungkapnya.

Novera Mawaddah Khairani lahir dan besar di Kepulauan Riau. Sejak kecil Vera sudah mencintai komunikasi dan sosialisasi, belajar dan berbagi. Oleh karena itu ia aktif dalam sejumlah organisasi remaja.

Di antaranya menjadi anggota PPI kabupaten Rohil, wakil ketua hijabers Rohil, ketua bidang pemasaran 1000 komunitas Rohil, presenter program Dokter Anda Riau Televisi, member SCORA CIMSA UNRI, anggota sosdimas BEM FK UNRI, presenter program "DOKTER ANDA" Rtv, MC ICE EBM network dihadiri lebih dari 5 negara.

Adapun sejumlah prestasi yang pernah ditorehkan oleh Vera antara lain Paskibraka Indonesia Kabupaten Rokan Hulu Ilir tahun 2017, Runner up Duta Muslimah Enterpreneur dan Duta Muslimah Enterpreneur Kategori Intelegensi Tahun 2019, serta Duta GENRE kota Pekanbaru Tahun 2021.

KEYWORD :

Novera Mawaddah Khairani Duta Genre Putri 2022 Pelecehan Seksual




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :