Jum'at, 19/04/2024 23:46 WIB

Anies Baswedan Ingin Jadikan Kota Tua Magnet Wisatawan Dunia

Anies Baswedan ingin jadikan Kota Tua magnet bagi wisatawan dunia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Kota Tua. (Foto istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Masyarakat diajak untuk merubah pola pikir, dengan membayangkan kawasan Kota Tua sebagai destinasi wisata dunia. Kota Tua saat ini tengah dipercantik agar lebih menarik untuk dikunjungi.

Hal itu, disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau progres revitalisasi pedestrian atau trotoar kawasan Kota Tua sekaligus membuka Festival Batavia Kota Tua yang berlangsung hingga 28 Agustus, Jumat (26/8/2022). "Tidak jauh dari sini ada kawasan pantai ini adalah keunikan yang tidak muncul di tempat lain. Jadi saya berpesan bagi kita semua, dijaga terus ini," kata Gubernur Anies.

"Jangan membayangkan Kota Tua menjadi sekadar tujuan wisata domestik Indonesia. Bayangkan ini menjadi salah satu tujuan kedatangan orang ke sini dari seluruh penjuru dunia. To see, to do, to observe, to buy, to learn, kira-kira begitu di tempat ini," lanjut Anies.

Anies ingin wisatawan asing dari berbagai dunia datang untuk melihat, datang untuk berkegiatan, datang untuk belajar, termasuk datang untuk berekonomi di kawasan Kota Tua. Anies beraharap pola pikir saat ini tidak hanya Kota Tua menarik di Indonesia, melainkan menarik di dunia. "Jadi kami berharap sekali posisioningnya bukan sekadar Kota Tua yang menarik di Indonesia, tapi Kota Tua yang menarik di dunia," harapnya.

Saat ini Pemprov DKI melalui sejumlah stakeholder terus bersolek mempercantik kawasan Kota Tua. Salah satunya merevitalisasi jalur pedestrian atau trotoar hingga menerapkan zona rendah emisi. Anies berpesan agar kampung-kampung tua di sekitar Kota Tua tidak dihilangkan, melainkan harus dijaga. Salah satu kampung tua yang masih bertahan yakni Kampung Kunir.

"Harus diingat, di sini tidak hanya bangunan bersejarah, di sini juga ada kampung-kampung tua dan kampung-kampung tua ini jangan dihilangkan. Kampung-kampung tua ini harus dirawat, dikembangkan karena itu bagian dari sejarah perjalanan bangsa kita," kata Anies.

Anies ingin warga Kampung Kunir yang menjadi saksi hidup perkembangan Kota Tua, tetap menjadi ekosistem. "Sebagian warganya ada di sini nih, Kampung Kunir ada di sini, ini saksi-saksinya. Mereka harus tetap hidup di kawasan ini dan menjadi bagian dari ekosistem Kota Tua," ucap Anies.

Lebih lanjut, Anies berpesan kepada seluruh stakeholder yang masih memiliki jabatan di Jakarta agar menjaga kawasan Kota Tua yang telah tertata rapih. Diketahui masa jabatan Anies sebagai Gubernur DKI tersisa kurang lebih dua bulan lagi.

"Ini adalah awalan kawasan ini, tapi keseluruhan kawasan ada sekitar 600 hektare. Jadi saya ingin berpesan kepada semua yang masih panjang tugasnya di Jakarta, baik itu BUMN, baik itu unsur TNI, baik itu Pemprov DKI Jakarta yang masa tugasnya masih banyak, tolong dijaga proses ini berjalan terus sehingga sekitar 600 hektare ini nantinya bisa tertata dengan baik," harap Anies.

KEYWORD :

Anies Baswedan Kota Tua magnet wisatawan dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :