Jum'at, 26/04/2024 05:25 WIB

Kebakaran Hutan di Amazon Capai Level Tertinggi Hampir 15 Tahun Pekan Ini

Kebakaran hutan di Amazon capai level tertinggi hampir 15 tahun pekan ini.

Foto ini diambil pada 01 Oktober 2019 menunjukkan kebakaran di dekat Itaituba, negara bagian Para, Brasil, di hutan hujan Amazon. (Foto: AFP/Nelson Almeida)

JAKARTA, Jurnas.com - Jumlah kebakaran hutan di Amazon Brasil mencapai level tertinggi hampir 15 tahun minggu ini, menurut angka resmi yang memberikan peringatan terbaru tentang perusakan hutan hujan terbesar di dunia.

Pemantauan satelit mendeteksi 3.358 kebakaran padA Senin, 22 Agustus, jumlah tertinggi untuk periode 24 jam sejak September 2007, menurut badan antariksa Brasil, INPE.

Jumlahnya hampir tiga kali lipat yang tercatat pada apa yang disebut "Hari Api" - 10 Agustus 2019 - ketika para petani meluncurkan rencana terkoordinasi untuk membakar sejumlah besar hutan hujan yang ditebang di negara bagian utara Para.

Kemudian, kebakaran mengirimkan asap abu-abu tebal sampai ke Sao Paulo, sekitar 2.500 km jauhnya, dan memicu kecaman global atas gambar salah satu sumber daya bumi yang paling vital terbakar.

Kepala Program Pemantauan Kebakaran INPE, Alberto Setzer mengatakan, tidak ada indikasi bahwa kebakaran pada Senin terkoordinasi. "Sebaliknya, mereka tampaknya cocok dengan pola peningkatan deforestasi dan pembakaran," katanya.

Para ahli mengatakan kebakaran Amazon terutama disebabkan oleh petani ilegal, peternak dan spekulan yang membuka lahan dan membakar pohon. Di Brasil, apa yang disebut busur deforestasi telah berkembang.

"Wilayah di mana kebakaran paling banyak terjadi, bergerak semakin jauh ke utara," kata Setzer kepada AFP. "`Busur deforestasi` tidak diragukan lagi berkembang," tembahnya.

Sejauh ini merupakan tahun yang mengkhawatirkan bagi hutan, penyangga utama terhadap pemanasan global: INPE mendeteksi 5.373 kebakaran bulan lalu, naik delapan persen dari Juli tahun lalu.

Dan dengan 24.124 kebakaran sejauh bulan ini, itu berada di jalur untuk menjadi Agustus terburuk di bawah Presiden Jair Bolsonaro - meskipun jauh di bawah 63.764 kebakaran yang terdeteksi pada Agustus 2005, yang lebih buruk untuk bulan sejak pencatatan dimulai pada 1998.

Bolsonaro, sekutu agribisnis, menghadapi kritik internasional atas lonjakan kehancuran Amazon di bawah pengawasannya. Sejak ia menjabat pada Januari 2019, deforestasi tahunan rata-rata di Amazon Brasil telah meningkat sebesar 75 persen dibandingkan dengan dekade sebelumnya.

Presiden sayap kanan menolak kritik itu. "Tidak seorang pun dari mereka yang menyerang kami memiliki hak. Jika mereka menginginkan hutan yang indah untuk disebut milik mereka, mereka seharusnya melestarikan hutan yang ada di negara mereka," tulisnya di Twitter, Kamis.

"Amazon adalah milik orang Brasil, dan akan selalu begitu."

Tetapi dengan Bolsonaro mencalonkan diri untuk pemilihan kembali pada bulan Oktober, risiko kehancuran semakin cepat, kata Ane Alencar, direktur sains di Amazon Environmental Research Institute (IPAM).

"Kami tahu dari tahun-tahun sebelumnya bahwa ada hubungan antara pemilu dan deforestasi, dengan para pejabat dan lembaga penegak terganggu oleh kampanye tersebut," katanya.

"Tahun ini, tingkat deforestasi kita tinggi ... dan masih banyak pohon yang ditebang menunggu untuk dibakar," sambungnya.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Kebakaran Hutan Amazon Busur Deforestasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :