Kamis, 18/04/2024 14:37 WIB

Jelang Drawing Liga Champions, Madrid Optismitis Juara

Jelang Drawing Liga Champions, Madrid Optismitis Juara

Marcelo melakukan perayaan kemenangan Liga Champions (Foto: Instagram Real Madrid)

London, Jurnas.com - Pengundian (drawing) Liga Champions musim 2022/2023 akan digelar pada Jumat (26/8) lusa di Istanbul, Turki. Rencananya, final liga paling bergengsi di Benua Biru itu akan dilaksanakan di Stadion Olimpiade Ataturk, pada 10 Juni 2023.

Dikutip dari AFP pada Rabu (24/8), stadion final kali ini merupakan tempat yang sama di mana Liverpool mengalahkan AC Milan melalui drama adu penalti, pada 2005 silam.

Istanbul seharusnya menjadi tuan rumah final pada 2020 dan 2021 lalu, tetapi UEFA memindahkan pertandingan ke Portugal karena pembatasan terkait pandemi.

Perubahan terlambat juga dilakukan musim lalu. Saint-Petersburg yang seharusnya menjadi tuan rumah final, dicoret karena Rusia menginvasi Ukraina. Paris maju sebagai tuan rumah kemenangan 1-0 Real Madrid atas Liverpool.

Raksasa Spanyol kini telah dinobatkan sebagai raja Eropa sebanyak 14 kali, dua kali lebih banyak dari klub tersukses berikutnya di kompetisi ini, AC Milan.

Dan Los Blancos, memulai musim ini dengan mengalahkan juara Liga Europa Eintracht Frankfurt di Helsinki, untuk mengangkat Piala Super UEFA.

"Kegembiraan dan kepuasan yang Anda dapatkan setelah kemenangan seperti itu cenderung bertahan, membuat Anda merasa tidak ada yang bisa menggantikan Anda. Dan itu adalah motivasi yang cukup kuat untuk terus menang," kata pelatih Carlo Ancelotti kepada UEFA.com dalam wawancara baru-baru ini, ketika ditanya kemungkinan kemenangan berulang timnya.

Keberhasilan El Real kemungkinan berbuah penghargaan untuk kiper Thibaut Courtois dan Karim Benzema, yang dinominasikan bersama pemain Manchester City Kevin De Bruyne untuk penghargaan Pemain Terbaik Pria UEFA untuk musim lalu.

Ancelotti dinominasikan bersama Pep Guardiola dari City dan Jurgen Klopp dari Liverpool untuk kategori kepelatihan.

Untuk hasil undian, Real berada di Pot Satu bersama juara liga-liga terkemuka Eropa lainnya seperti City, Bayern Munich, Milan, Paris Saint-Germain, Porto dan Ajax, serta juara Liga Europa Frankfurt.

Liverpool akan berada di Pot Dua, artinya ada kemungkinan mereka bisa mendapatkan pertandingan ulang dengan Real. Chelsea, juara 2021, dan Tottenham Hotspur adalah wakil Inggris lainnya.

Sementara itu, Celtic akan berada di Pot Empat saat mereka kembali ke Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2017.

Klub Rusia dilarang karena perang yang sedang berlangsung, tetapi Ukraina di mana musim domestik baru dimulai minggu ini, akan diwakili oleh Shakhtar Donetsk.

Dynamo Kyiv, yang menghadapi Benfica di babak play-off, berharap untuk bergabung dengan mereka tetapi kalah agregat 5-0 dari pemenang dua kali.

Tempat terakhir akan ditentukan dalam pertandingan babak play-off pertengahan minggu ini, di mana Bodo/Glimt bertujuan menjadi tim Norwegia pertama yang tampil di babak penyisihan grup dalam 15 tahun.

KEYWORD :

Real Madrid Liga Champions Pengundian Drawing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :