Jum'at, 26/04/2024 04:10 WIB

Tingkatkan APK Perguruan Tinggi, UT Gandeng Pemda

Tingkatkan APK Perguruan Tinggi, UT Gandeng Pemda

Universitas Terbuka melakukan MoU dengan sejumlah pemerintah daerah (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Terbuka (UT) kembali melakukan perjanjian kerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah, dalam rangka meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi.

Di sela-sela perayaan `Wisuda UT Periode II Tahun 2022` yang berlangsung pada Selasa (23/8), Universitas Terbuka mengadakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali, Pemprov Kalimantan Timur, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan, dan Pemkot Tebing Tinggi.

Rektor Universitas Terbuka, Ojat Darojat menjelaskan bahwa MoU kali ini merupakan komitmen UT untuk menjadi perguruan tinggi yang bisa diakses oleh masyarakat, yang ingin menikmati layanan pendidikan tinggi.

"Insya Allah kami akan tetap mendukung program pemerintah dalam hal peningkatan kualitas SDM dan lainnya yang terkait Tri Dharma perguruan tinggi," jelas Ojat.

Gubernur Bali, I Wayan Koster mengatakan kerja sama ini bertujuan mendorong para pegawai pemerintah provinsi dan kabupaten di Bali, untuk menuntaskan program sarjana melalui Universitas Terbuka.

Tidak hanya itu, lanjut Koster, kerja sama ini juga terkait dengan riset pengembangan potensi komoditas di Bali lewat program pengabdian masyarakat.

"Saya sedang mengubah pola pembangunan tidak hanya tanggung jawab pemda, tapi juga partisipasi masyarakat. Beberapa kali saya lakukan percobaan, pemda sebagai tuan rumahnya, dan masyarakat sebagai pelaksananya," ujar Koster.

Hal senada juga disampaikan Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie. Perpanjangan MoU dengan Universitas Terbuka, menjadi peluang bagi warga dan perangkat pemerintah di Tangerang Selatan, untuk menempuh pendidikan di Universitas Terbuka.

"Pengalaman UT selama 37 tahun melaksanakan PJJ harus kita cari tahu ilmunya, karena Pemkot harus antisipasi wabah pandemi. Khawatir suatu saat ada lagi PJJ," tutup Benyamin.

Sementara itu, Wisuda UT Periode II Tahun 2022 diikuti oleh 1.700 wisudawan yang hadir secara luring. 60 ribu wisudawan UT lainnya yang lulus tahun ini, akan mengikuti wisuda di daerah masing-masing.

KEYWORD :

APK Perguruan Tinggi Universitas Terbuka Ojat Darojat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :