Sabtu, 20/04/2024 08:27 WIB

Kata Menperin Harga Makanan dan Minuman Sudah Naik

Harga Makanan dan Minuman Sudah Naik hingga 15 persen

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. (Dok. Humas Kemenperin)

Jakarta, Jurnas.com - Harga produk makanan dan minuman (mamin) di dalam negeri sudah mulai mengalami kenaikan belakangan ini. Hal itu berdasarkan laporan dari studi yang dilakukan oleh Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (Gapmmi).

Demikian disampaikan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI, Senin (22/8/2022). "Khusus harga jual kami ingin menyampaikan berdasarkan studi Gapmmi ada kenaikan harga jual 5 sampai 15 persen akhir-akhir ini," ujar Agus.

Agus menambahkan, kenaikan harga tersebut berhubungan dengan produk mamin yang menggunakan bahan baku dalam negeri. Sementara, saat ini produk dalam negeri masih bersaing cukup ketat dengan produk olahan sejenis yang berbahan baku impor yang masih mendominasi.

Terkait produk mamin apa saja yang mengalami kenaikan, Agus tidak menjelaskan secara detail. Di sisi lain, Agus juga menuturkan bahwa saat ini Industri Kecil dan Menengah (IKM) masih menghadapi tantangan dalam hal ketersediaan bahan baku.

Sebab, bahan baku pangan berhubungan erat dengan kondisi musim. Jika memasuki masa panen, pasokan melimpah, namun sebaliknya jika tidak sedang masa panen, IKM terhambat bahan baku. "Ketersediaan bahan baku pangan masih fluktuasi karena dipengaruhi oleh musim panen dan kualitas bibit," ucap Agus.

 

KEYWORD :

Memperin Agus Gumiwang Kartasasmita mamin Gapmmi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :