Jum'at, 19/04/2024 10:48 WIB

Dukung UMKM di Papua, Kemkominfo Siapkan Infrastruktur dan Pendampingan SDM

Dukung UMKM di Papua, Kemkominfo siapkan infrastruktur dan SDM

Direktur Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Usman Kansong dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk Bangga Buatan Indonesia, Geliat UMKM Papua, Kamis (18/8).

JAKARTA, Jurnas.com -  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) turut mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia untuk menudukung pengembangan Usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Papua.

Direktur Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Usman Kansong, mengatakan dukungan itu meliputi aspek infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM). Dari sisi infrastruktur, tuturnya, sekitar 65 persen menara base transceiver station (BTS) yang dibangun pemerintah, berada di wilayah Papua.

"Ini bertujuan untuk mendorong UMKM di sana agar lebih berkembang lagi," ujar Usman dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk Bangga Buatan Indonesia, Geliat UMKM Papua, Kamis kemarin.

Meski demikian, tuturnya, sokongan pemerintah tidak berhenti pada pembangunan infrastrutkur Papua saja. Dukungan juga diberikan berupa pendampingan meningkatkan SDM pelaku UMKM, sehingga mereka bisa memanfaatkan akses infrastruktur digital yang sudah dibangun.

Dukungan di bidang SDM itu berupa pendampingan literasi digital, berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti Kementerian Koperasi dan UKM serta Bank Indonesia Perwakilan Papua, agar pelaku UMK bisa menjual produk maupun jasa secara daring.

Kegiatan ini, katanya, melibatkan generasi muda Papua sebagai relawan dan mereka menunjukkan antusiasme yang luar biasa.

Menurutnya, banyak potensi yang dihasilkan di Papua seperti tas khas Papua, Noken, serta produk lain seperti kopi, perikanan, maupun pertanian semisal sukun yang memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dengan produk sejenis di luar Papua.

"Tidak hanya produk seperti itu. Seni music Papua juga bisa dijual secara daring. Waktu pembukaan PON di Papua, banyak lagu-lagu di sana yang bagus-bagus," jelasnya.

Usman tidak memungkiri upaya mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia di Papua dari sisi infrastruktur menemui sejumlah tantangan seperti bentangan alam yang berat serta tantangan dari sisi keamanan. Akan tetapi, menurutnya, hal itu tidak melemahkan semangat Pemerintah, demi pemerataan kesejahteraan.

"Tantangan berangsur bisa kita atasi dan didukung oleh para relawan," ungkapnya.

Selain pembangunan infrastruktur digital, Pemerintah pun menurutnya terus membangun infrastruktur fisik lainnya seperti jalan agar para pelaku UMKM bisa memasarkan produk-produk yang mereka hasilkan.

"Dengan dukungan infrastruktur digital, produk-produk dari Papua bukan hanya bisa dijual ke wilayah Jawa tapi juga bisa go internasional,” pungkasnya.

KEYWORD :

UMKM Papua Kemkominfo Infrastruktur SDM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :