Kamis, 25/04/2024 22:21 WIB

Kontestan Piala Dunia Bertambah Jadi 48 Tim

Keputusan ini sekaligus membuktikan janji kampanye Presiden FIFA Gianni Infantino, yang menggantikan Sepp Blater pada Februari, untuk menambah jumlah tim Piala Dunia.

Badan Sepakbola dunia (FIFA)

Swiss - Pesta sepakbola paling akbar sekolong langit, Piala Dunia akan mengalami penambahan jumlah peserta menjadi 48 tim dari 32 tim. Penambahan peserta itu akan dimulai pada World Cup 2026.

"Dewan FIFA secara mutlak memutuskan Piala Dunia berisi 48 tim pada 2026: 16 grup berisi tiga tim. Detail-detailnya akan ditindak lanjuti setelah pertemuan," kata FIFA melalui akun Twitternya, Selasa (10/1), terkait rapat Dewan FIFA di Swiss.

Keputusan ini sekaligus membuktikan janji kampanye Presiden FIFA Gianni Infantino, yang menggantikan Sepp Blater pada Februari, untuk menambah jumlah tim Piala Dunia. Dalam membuat keputusan itu, FIFA menepis kekhawatiran bahwa penambahan jumlah peserta akan menurunkan standar secara keseluruhan turnamen, dan membuatnya terlalu panjang dan merepotkan.

Meski dipastikan peserta Piala Dunia bertambah menjadi 48, terbagi ke dalam 16 grup penyisihan dan berisi tiga tim, Dewan FIFA masih akan membahas apakah tim yang berhak lolos ke fase berikutnya dua tim atau hanya satu tim terbaik dari setiap grup.

Muhajir

KEYWORD :

Piala Dunia Sepakbola FIFA Dewan FIFA




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :