Jum'at, 26/04/2024 04:34 WIB

Waketum Garuda Kritik Keras Pernyataan Senator Australia: Jangan Cari Kambing Hitam!

Dari pernyataan ini, cuma ada dua kemungkinan, senatornya yang bodoh sehingga bicara dengan data yang tidak akurat, atau memang Australia mau mem-framing bahwa selain di bandara dan di salah satu toko daging ditemukan ada virus PMK, di tempat lain, Australia bersih dari virus.

Waketum Partai Garuda, Teddy Gusnaidi. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Pernyataan Senator Australia Pauline Hanson yang menyerang Indonesia dengan membuat pernyataan menjadikan Bali seakan sebagai pusat penyebaran Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) hewan ternak terus menuai kritik.

Kritikan juga datang dari Wakil Ketua Umum Partai Garuda, Teddy Gusnaidi. Dia menegaskan bahwa pernyataan tersebut blunder dan tidak disertai bukti yang cukup kuat.

"Pernyataan senator Australia bahwa kotoran sapi bertebaran di jalanan Bali dan orang-orang yang berjalan di sana menginjak kotoran sehingga warga Australia bisa menularkan penyakit mulut dan kuku (PMK) setelah dari Bali, menimbulkan reaksi, karena pernyataannya tidak sesuai fakta di lapangan dan beliau tidak bisa memberikan bukti," kata Teddy dalam keterangan resmi yang dikirimkan ke Jurnas.com, Senin (15/8).

Dari analisa dia, kemungkinan ada dua sebab yang membuat Senator Australia mengeluarkan pernyataan itu. Dia sengaja ingin menyalahkan negara lain atas peredaran virus PMK.

"Dari pernyataan ini, cuma ada dua kemungkinan, senatornya yang bodoh sehingga bicara dengan data yang tidak akurat, atau memang Australia mau mem-framing bahwa selain di bandara dan di salah satu toko daging ditemukan ada virus PMK, di tempat lain, Australia bersih dari virus," ujar Teddy.

Juru Bicara Partai Garuda ini menambahkan, bisa jadi virus PMK sudah beredar di peternakan-peternakan Australia. Namun, demi melindungi bisnis sapi dari kerugian yang sangat besar, maka Senator Australia mencari kambing hitam dengan menyalahkan Bali seakan-akan yang menyebabkan ditemukannya virus PMK di dua tempat di Australia berasal dari Bali.

"Indonesia boleh saja menganggap Australia sedang mencoba menunjukkan mereka bersih tapi sebenarnya mereka sedang tidak bersih. Bisa jadi virus PMK yang melanda Indonesia, berasal dari Australia, karena Indonesia mengimpor sapi terbanyak dari australia, sangat mungkin kan?" Imbuhnya.

"Tapi saya yakin, Senator Australia tidak sebodoh itu, membuat statement tanpa data, bisa jadi memang ada yang ingin mereka tutupi," demikian kata Teddy Gusnaidi.

 

KEYWORD :

Partai Garuda Teddy Gusnaidi Senator Australia Pauline Hanson PMK Bali




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :