Selasa, 23/04/2024 19:30 WIB

Mendag Zulhas Lepas Ekspor Produk Tekstil

Mendag Zulhas lepas ekspor produk tekstil ke Malaysia hingga ke Jerman.

Mendag Zulhas melepas ekspor produk tekstil senilai Rp5,9 miliar ke Malaysia hingga Jerman. (Dok. Humas Kemendag)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) melepas ekspor produk tekstil PT Kewalram di Sumedang, Jawa Barat. Produk tekstil yang diekspor adalah benang poliester sebanyak 10 kontainer senilai 400.000 dolar AS atau Rp5,9 miliar.

Produk tersebut diekspor dengan tujuan Jerman, Polandia, Malaysia, India, dan Estonia. Selain negara tradisional, PT Kewalram kini juga telah mulai mengekspor produk-produknya ke negara nontradisional. Dia mengatakan, pelepasan ekspor ini menjadi momentum perluasan akses pasar ekspor untuk produk-produk Indonesia dan pemulihan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19.

“Pelepasan ekspor ini dapat menjadi momentum perluasan pasar ekspor produk Indonesia ke depandan menjadi penggerak roda ekonomi Indonesia di masa pemulihan setelah pandemi,” kata dia dalam keterangannya, Sabtu (13/8/2022).

Mendag menyampaikan, Indonesia pada 2021 berada di urutan ke-15 sebagai negara eksportir tekstil dan produk tekstil (TPT) terbesar, dengan peningkatan sebesar 25,28 persen. Sedangkan, pada periode Januari sampai dengan Mei 2022, nilai ekspor TPT Indonesia ke dunia mencapai 5,5 miliar dolar AS. Ini naik 22 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 4,2 miliar dolar AS.

Sementara itu, nilai impor TPT dunia pada 2021 mencapai 403,62 miliar dolar AS, dengan angka pertumbuhan 2020 sampai 2021 sebesar 22,46 persen. Peningkatan ini menandakan penjualan produk fesyen mulai pulih secara global pada 2022.

Diketahui, lima besar negara importir TPT di dunia, yakni Amerika Serikat, Jerman, Tiongkok, Prancis, dan Vietnam. Kelima negara ini termasuk dalam 60 negara yang menjadi tujuan ekspor PT Kewalram selama ini.

“Saya mengapresiasi PT Kewalram yang terus mendorong peningkatan ekspor dengan menjadi salah satu produsen tekstil yang produktif sehingga dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi Indonesia. Perusahaan seperti ini akan terus kami dukung. Bila perusahaan yang berorientasi ekspor maju indonesia juga akan maju,” tuturnya.

 

KEYWORD :

Mendag Zulkifli Hasan ekspor produk tekstil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :