Sabtu, 20/04/2024 13:15 WIB

Inggris: Rusia Tidak Mungkin Berhasil Menduduki Ukraina

Inggris: Rusia tidak mungkin berhasil menduduki Ukraina

Uang yang dijanjikan oleh sekelompok 26 negara pada sebuah konferensi di Kopenhagen, akan digunakan untuk memasok senjata, rudal dan amunisi yang ada (File: Evgeniy Maloletka/AP Photo)

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace mengatakan Rusia tidak mungkin berhasil menduduki Ukraina. Pasalnya, egara-negara Barat menjanjikan 1,5 miliar euro lebih untuk membantu meningkatkan militer Ukraina dalam perangnya melawan Rusia.

Wallace mengatakan invasi Rusia telah goyah dan mulai gagal ketika 26 negara setuju memberikan lebih banyak bantuan keuangan dan militer ke Ukraina pada sebuah konferensi di Kopenhagen pada Kamis (11/8).

Wallace mengatakan penting untuk memahami bahwa pertempuran dan hilangnya nyawa masih terjadi, tetapi menambahkan Rusia mulai gagal di banyak bidang.

"Invasi mereka telah ... terus-menerus dimodifikasi sejauh mereka benar-benar hanya fokus di bagian selatan dan timur, sangat jauh dari apa yang disebut operasi khusus tiga hari mereka," katanya.

"Presiden Putin akan bertaruh pada Agustus mendatang, datang beberapa bulan, kita semua akan bosan dengan konflik dan komunitas internasional akan pergi ke arah yang berbeda. Nah, hari ini adalah bukti sebaliknya," sambungnya.

Memuji pertemuan di Kopenhagen, Wallace mengatakan bahwa janji yang dibuat semua dirancang untuk membantu Ukraina menang, membantu Ukraina membela kedaulatannya dan memang untuk memastikan bahwa ambisi Presiden Putin gagal di Ukraina, sebagaimana mestinya.

Komitmen itu muncul setelah pemerintah di Kyiv berulang kali meminta Barat untuk mengirim lebih banyak senjata, termasuk artileri jarak jauh, ketika mencoba untuk membalikkan keadaan pada invasi 24 Februari Rusia.

Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov, yang juga hadir pada pertemuan itu, berterima kasih kepada sekutu Eropa karena telah menjadi mitra yang dapat diandalkan.

"Peningkatan harga gas dan bahan bakar di Barat adalah harga kecil untuk perdamaian. Ukraina membayar perdamaian di seluruh Eropa dengan hidup mereka. Kita harus menang atas negara pembunuh dan merebut wilayah kita, termasuk Krimea. Bagi saya, segala sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin, hanya butuh waktu," tulisnya.

Ukraina mengatakan awal bulan ini bahwa pihaknya telah menerima pengiriman senjata berat presisi tinggi lainnya dari Jerman dan Amerika Serikat (AS).

Moskow, yang menuduh Barat menyeret keluar konflik dengan memberi Ukraina lebih banyak senjata, mengatakan sedang melakukan "operasi militer khusus" di Ukraina yang bertujuan untuk menjaga keamanan Rusia dari ekspansi NATO.

Ukraina dan sekutunya menuduh Rusia melancarkan perang agresi ala kekaisaran.

Bantuan untuk meningkatkan produksi senjata

Uang yang dijanjikan oleh 26 negara akan digunakan untuk memasok senjata, misil dan amunisi yang ada, meningkatkan produksi senjata untuk Ukraina, melatih tentara Ukraina, dan menghapus ranjau di daerah yang dilanda perang di Ukraina.

"Kami akan terus membantu Ukraina dalam kebutuhan militernya," kata Menteri Pertahanan Denmark, Morten Bodskov kepada wartawan di akhir konferensi yang mempertemukan para menteri pertahanan Eropa untuk membahas dukungan jangka panjang bagi pertahanan negara itu terhadap invasi Rusia.

Menteri Pertahanan Polandia, Slovakia dan Republik Ceko mengisyaratkan kesediaan untuk memperluas produksi sistem artileri, amunisi, dan peralatan militer lainnya ke Ukraina, kata Bodskov.

Inggris, yang telah menyumbangkan sistem senjata canggih ke Ukraina dan memberikan ribuan tentaranya pelatihan militer, pada hari Kamis menjanjikan tambahan 300 juta euro, termasuk sistem roket multi-peluncuran dan rudal M31A1 berpemandu presisi yang dapat menghantam menargetkan hingga 80km (50 mil) jauhnya.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Inggris Ben Wallace Bantuan Militer Ukraina Rusia Gagal Uni Eropa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :