Jum'at, 26/04/2024 04:56 WIB

Penyembuhan Bekas Luka Seperti Kulit Normal Akhirnya Ditemukan

Cara ini diklaim dapat menghilangkan bekas luka dari cedera jenis apa pun, seperti pasca bedah, kecelakaan, atau tergores benda tajam.

Ilustrasi (foto: SA)

JAKARTA - Bekas luka biasanya membuat orang risih. Apalagi, jika bekas luka yang Anda miliki terletak di tempat yang mudah terlihat. Walhasil, bekas luka yang tak seberapa malah menimbulkan minder atau rasa kurang percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain.

Jangan khawatir, kini ilmuwan telah menemukan cara menyembuhkan luka tanpa menyisakan bekas luka sedikit pun. Cara ini diklaim dapat menghilangkan bekas luka dari cedera jenis apa pun, seperti pasca bedah, kecelakaan, atau tergores benda tajam.

Sebelumnya para ahli pesimis dapat mengembalikan bentuk kulit seperti sedia kala, setelah mengalami luka. Hal ini dikarenakan regenerasi di jaringan parut (permukaan bekas luka) mustahil diterapkan pada mamalia.

“Pada dasarnya kami akan melakukan manipulasi jaringan, sehingga dapat terbentuk regenerasi kulit ketimbang menyisakan bekas luka (jaringan parut),” ujar kepala Departemen Dermatologi, George Cotsareli, di Universitas Pennsylvania kepada Science Alert.

Cotsareli mengungkapkan penyembuhan dilakukan dengan menumbuhkan folikel (yakni struktur kulit tempat rambut tumbuh) rambut pertama. Setelah itu, jaringan lemak akan diperbaharui dalam menangkap sinyal dari folikel.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa bekas luka terlihat berbeda dengan struktur kulit normal, maka jawabannya adalah karena bekas luka atau jaringan parut tidak memiliki sel-sel lemak atau folikel rambut, yang dimiliki oleh struktur kulit normal.

KEYWORD :

Bekas luka gaya hidup sains




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :