Kamis, 25/04/2024 09:29 WIB

Pemahaman Literasi Digital Tingkatkan Produktivitas ASN

Pemahaman Literasi Digital Tingkatkan Produktivitas ASN

Ilustrasi literasi digital (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggandeng Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri (BPSDM Kemendagri) menggelar kegiatan literasi digital bagi aparatur sipil negara (ASN) di Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Kegiatan literasi digital sektor pemerintahan yang bertujuan meningkatkan pemahaman dunia digital di kalangan ASN, dihelat di Kota Surabaya beberapa waktu lalu.

Wakil Gubernur (Wagub) Jatim, Emil Elistianto Dardak menganggap, pemahaman literasi digital di lingkungan ASN diperlukan untuk meningkatkan produktivitas bekerja.

"Tentunya menjadi sangat penting bahwa literasi digital ini bisa kita matangkan di tengan ASN kita. Kita harus bisa menggunakan aplikasi pemerintahan untuk bekerja secara paperless, menemukan balance untuk bisa fleksibel dalam bekerja," ujar Emil dalam keterangan tertulisnya pada Senin (1/8).

Emil menjelaskan, pentingnya literasi digital dalam pemanfaatan aplikasi yang biasa digunakan setiap harinya untuk mempermudah pekerjaan.

"Literasi digital ini bukan masalah habit, tapi bagaimana kita mengelola pekerjaan menggunakan aplikasi-aplikasi digital," kata mantan Bupati Trenggalek tersebut.

Dalam kesempatan itu, Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto menekankan pentingnya melengkapi pengetahuan dan keterampilan ASN di Jatim dalam menghadapi perkembangan digital yang pesat.

"Kami berharap dapat memberikan pencerahan tentang pentingnya mengikuti perkembangan digital, pemahaman aplikasi pemerintahan, dan lain-lain. Pada kesempatan ini, kami akan menyampaikan hal teknis terkait keamanan digital dan kecakapan digital," ujar dia.

Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Fungsional dan Teknis Kemendagri, Dian Andi Permana menyebut pandemi Covid-19 mengubah cara kerja ASN dalam melayani masyarakat.

"Saat ini kita belum lepas dari Covid-19, itu menjadi tantangan bagi kita. Kita tidak bisa bertatap muka, namun bagaimana kita bisa tetap melayani masyarakat. Untuk itu kita perlu paham aplikasi dan teknologi," tutup Dian.

KEYWORD :

Literasi Digital Emil Dardak Kemenkominfo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :