Jum'at, 19/04/2024 00:29 WIB

Duet Sri Mulyani - Suryo Utomo Bikin Pelayanan Pajak Diapresiasi Masyarakat

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, sebesar 81,1 persen masyarakat yang memiliki NPWP menyatakan puas dengan pelayanan pajak saat ini.

Ilustrasi survei. (Foto: Net)

Jakarta, Jurnas.com – Survei terbaru Indikator Politik Indonesia memotret persepsi masyarakat terkait kepatuhan publik membayar pajak. Hasilnya, usai melakukan tanya jawab dengan 1.246 responden, mayoritas masyarakat mengapresiasi pelayanan pajak di era Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Dirjen Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, sebesar 81,1 persen masyarakat yang memiliki NPWP menyatakan puas dengan pelayanan pajak saat ini.

Hal yang sama juga terpotret bagi kelompok responden yang memiliki NPWP dan berpendapatan lebih dari Rp 4 juta per bulan. Survei dilakukan dalam periode 9-12 Juli 2022.

“Totalnya mencapai 79 persen yang menyatakan puas atau cukup puas dengan pelayanan yang diberikan petugas pajak,” kata Burhanuddin saat memaparkan hasil survei secara virtual, Minggu (31/7).

Jika dikualifikasi dalam kategori gender, kelompok responden laki-laki menyumbangkan angka apresiasi tertinggi. Dari 57,5 persen responden laki-laki, yang menyatakan puas dengan pelayanan petugas pajak mencapai 85,5 persen.

Sementara dari total 42,5 persen responden perempuan, yang menyatakan puas dengan pelayanan petugas pajak sebesar 75,1 persen.

Menurut Burhanuddin, jika dikualifikasi secara wilayah dan kesukuan, mayoritas juga memberikan apresiasi. “Dari yang memiliki NPWP, mayoritas atau kebanyakan merasa puas terhadap pelayanan petugas pajak, kecuali di kelompok etnis Bugis di wilayah Sulawesi,” ungkap Burhanuddin.

 

KEYWORD :

survei Indokator Politik Indonesia pajak Burhanuddin Muhtadi Sri Mulyani Suryo Utomo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :