Rabu, 17/04/2024 04:58 WIB

Ini Lho Metode Kontrasepsi Paling Minim Efek Samping

Ini Lho Metode Kontrasepsi Paling Minim Efek Samping

Pil KB (Foto: Kontrasepsi)

Jakarta, Jurnas.com - Penggunaan alat kontrasepsi sering kali dikeluhkan oleh para perempuan, karena memiliki sejumlah efek samping, antara lain kegemukan, gangguan siklus menstruasi, hingga timbulnya jerawat.

Namun, Direktur Direktur Bina Pelayanan Keluarga Berencana Wilayah Khusus BKKBN, Fajar Firdawati mengungkapkan ada metode kontrasepsi jangka panjang yang nyaris tidak memiliki efek samping, yakni penggunaan alat kontrasepsi nonhormonal.

"Yang nonhormonal itu seperti IUD dan implan, dari segi efek samping hormonal tidak ada. Tapi IUD ini ada rasa nyeri dan ngilu, tapi itu proses di awal dan harus tetap dikontrol ke fasilitas kesehatan," kata Firda saat ditemui di sela-sela kegiatan `Media Workshop Pre-Launching Komitmen Family Planning (FP) 2030` di Jakarta pada Rabu (27/7).

Untuk alat kontrasepsi hormonal, lanjut Firda, pada dasarnya tergantung pada penerimaan masing-masing perempuan. Tidak setiap perempuan yang menggunakan pil KB maupun suntik KB akan mengalami efek samping obesitas.

"Tidak semua ada efek sampingnya, sekali lagi tergantung penerimaan. Kalau memang efek sampingnya mengganggu, bisa diganti cara ke jenis lain yang bisa diterima," imbuh Firda.

Secara kategori, kontrasepsi dibagi menjadi dua jenis, yakni kontrasepsi modern dan kontrasepsi tradisional. Kontrasepsi modern ialah metode kontrasepsi dengan menggunakan alat kontrasepsi baik hormonal maupun nonhormonal.

Sedangkan kontrasepsi tradisional, ialah metode kontrasepsi dengan cara manual, antara lain memanfaatkan jadwal menstruasi, yakni berhubungan ketika masuk masa tidak subur, atau melakukan ejakulasi di luar vagina.

Menurut penelitian BKKBN, lanjut Firda, masyarakat dengan jenjang pendidikan lebih tinggi ternyata sebagian besar memilih kontrasepsi tradisional ketimbang modern, karena mempertimbangkan adanya efek samping.

"Karena mereka edukatif, jadi tahu kapan melakukannya, sebab itu butuh pengetahuan. Beda dengan pendidikan lebih rendah, ketika memakai cara tradisional malah gagal, karena tidak tahu menggunakannya seperti apa," tutup Firda.

KEYWORD :

Kontrasepsi Keluarga Berencana Efek Samping BKKBN




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :