Rabu, 24/04/2024 16:00 WIB

Hindari Jurang Perang Nuklir, Presiden Belarusia Minta Perang Ukraina Diakhiri

Hindari jurang perang nuklir, Presiden Belarusia Minta Perang Ukraina Diakhiri

Lukashenko, 67 tahun, menyalahkan Barat atas perang, menuduhnya mencari konflik dengan Rusia dan memprovokasi pertumpahan darah yang sedang berlangsung (Alexander Nemenov/AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko mengatakan bahwa Moskow, Kyiv dan sekutu Barat semuanya harus setuju untuk menghentikan perang di Ukraina untuk menghindari jurang perang nuklir.

Mari kita berhenti dan kemudian kita akan mencari cara untuk melanjutkan hidup.Tidak perlu melangkah lebih jauh. Selanjutnya terletak jurang perang nuklir. Tidak perlu pergi ke sana," katanya.

Pejabat Rusia mengatakan Moskow hanya akan mengizinkan penggunaan senjata nuklir jika dihadapkan dengan ancaman eksistensial.

Namun, kekhawatiran muncul atas kemungkinan penggunaannya di Ukraina pada awal perang setelah Putin menempatkan pasukan pencegah nuklir Rusia dalam siaga tinggi pada 27 Februari – tiga hari setelah memerintahkan invasi.

Lukashenko (67), menyalahkan Barat atas perang tersebut, menuduhnya mencari konflik dengan Rusia dan memprovokasi pertumpahan darah yang sedang berlangsung.

"Anda telah mengobarkan perang dan melanjutkannya," kata Lukashenko kepada AFP, dengan mengatakan bahwa hasilnya dapat dihindari jika Moskow diberi jaminan keamanan yang dicarinya dari negara-negara Barat.

"Jika Rusia tidak mendahului Anda, anggota NATO, Anda akan mengorganisir dan menyerangnya," tambahnya, menggemakan klaim tidak berdasar yang dibuat oleh Putin mengenai aliansi keamanan transatlantik yang dipimpin Amerika Serikat (AS).

Belarus, yang berbatasan dengan Ukraina, berfungsi sebagai tempat pementasan bagi invasi Rusia.

Moskow mengerahkan ribuan pasukan ke wilayah Belarusia dengan dalih latihan militer sebelum meluncurkan serangannya dan kemudian menyalurkan pasukan ke Ukraina ketika melancarkan serangannya pada 24 Februari.

Lukashenko, yang telah memerintah Belarus selama hampir 30 tahun, juga bersikeras bahwa pemerintah Ukraina dapat mengakhiri konflik jika pihak berwenang memulai kembali pembicaraan damai yang terhenti dengan Moskow dan menerima tuntutannya.

"Semuanya tergantung pada Ukraina," katanya. "Saat ini, keanehan saat ini adalah bahwa perang ini dapat diakhiri dengan persyaratan yang lebih dapat diterima untuk Ukraina."

Lukashenko mendesak pihak berwenang Ukraina untuk duduk di meja perundingan dan setuju bahwa mereka tidak akan pernah mengancam Rusia.

Pembicaraan tatap muka antara negosiator Rusia dan Ukraina yang diadakan di Turki pada akhir Maret gagal menghasilkan terobosan apa pun untuk mengakhiri perang. Diskusi antara Moskow dan Kyiv sebagian besar terhenti segera setelah itu.

Pada hari Rabu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan tidak masuk akal untuk melanjutkan diskusi untuk saat ini dan menuduh Kyiv tidak memiliki keinginan untuk membahas apa pun dengan sungguh-sungguh.

Ia juga mengumumkan Moskow telah memperluas tujuan perangnya di luar wilayah Donbas Ukraina timur.

Dalam anggukan yang jelas atas pernyataan itu, Lukashenko mengatakan Ukraina sekarang harus menerima hilangnya wilayah yang diduduki oleh Rusia di Ukraina timur dan selatan sebagai bagian dari kesepakatan apa pun untuk mengakhiri konflik.

Sumber: Aljazeera

KEYWORD :

Belarusia Alexander Lukashenko Perang Ukraina Rusia Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :