Kamis, 25/04/2024 16:25 WIB

Terungkap! Ini Sosok Pemain Termuda yang Debut di Piala Dunia

Terungkap! Ini Sosok Pemain Termuda yang Debut di Piala Dunia

Tropi Piala Dunia (Foto: Marca)

Jakarta, Jurnas.com - Piala Dunia tidak hanya menjadi ajang adu gengsi bagi seluruh negara, untuk mempertontonkan kualitas sepak bola masing-masing. Lebih dari itu, kompetisi akbar ini juga dimanfaatkan untuk mempromosikan talenta muda.

Alasannya simpel, ratusan juta pasang mata menjadi saksi perhelatan lima tahun sekali ini. Termasuk di antaranya para pemandu bakat yang siap mengorbitkan pemain di klub-klub papan atas.

Lalu, siapakah pesepak bola termuda yang pernah debut di Piala Dunia?

Sayangnya, itu bukan Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, atau Pele. Ronaldo pertama kali merumput di Piala Dunia pada usia 21 tahun, empat bulan, dan tujuh hari, ketika dia membela timnas Portugal kontra Angola pada 11 Juni 2006. Dia bermain selama satu jam, sebelum digantikan oleh Costinha.

Messi, melakukan debut Piala Dunia pada usia 18 tahun, 11 bulan, dan 24 hari pada 16 Juni 2006. Ketika itu, timnas Argentina melakoni pertandingan penyisihan melawan Serbia Montenegro. Messi juga mencetak gol pada laga debutnya.

Sementara itu Pele, merumput di Piala Dunia pada 1958 silam saat masih berusia 17 tahun, tujuh bulan, dan 24 hari. Di laga debutnya melawan Uni Soviet, dia sukses mencatatkann assist untuk timnas Brasil.

Ketiga bintang di atas, sekali lagi, bukan pesepak bola termuda yang pernah debut di Piala Dunia. Justru, pemain timnas Irlandia Utara, Norman Whiteside lah yang saat ini memegang predikat tersebut.

Dia usia 17 tahun 41 hari, Norman melakukan laga debut di Piala Dunia kontra Yugoslavia pada 1932. Dia memecahkan rekor Pele untuk mencetak rekor baru.

Posisi selanjutnya diisi oleh Samuel Eto`o (17 tahun, tiga bulan, tujuh hari), Femi Opabunmi (17 tahun, tiga bulan, sembilan hari), dan Salomon Olembe (17 tahun, enam bulan, tiga hari).

KEYWORD :

Pesepak Bola Termuda Piala Dunia Norman Whiteside




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :