Sabtu, 20/04/2024 20:09 WIB

Bukan Ronaldo atau Messi, Ini Pesepak Bola Terkaya di Dunia

Bukan Ronaldo atau Messi, Ini Pesepak Bola Terkaya di Dunia

Messi vs Ronaldo (Foto: Doknet)

London, Jurnas.com - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mendominasi wajah sepak bola Eropa selama lebih dari satu dekade terakhir. Bermain untuk Paris Saint-Germain (PSG) dan Manchester United (MU), tidak mengejutkan apabila keduanya menjadi atlet berpenghasilan tertinggi di dunia.

Menurut laporan Forbes, tahun lalu Messi adalah atlet dengan bayaran tertinggi dengan pendapatan US$130 juta sebelum dipotong pajak. Sedangkan saingan beratnya, Ronaldo, berada di urutan ketiga di belakang Messi dan superstar NBA LeBron James sebesar US$115 juta.

Namun, pendapatan tinggi tidak menjadikan kedua pemain mega bintang ini sebagai sepak bola terkaya. Lalu, siapa? Berikut ini daftarnya dikutip dari Goal pada Kamis (14/7).

1. Faiq Bolkiah
Pesepak bola terkaya didunia dipredikatkan kepada kapten timnas Brunei Darussalam, Faiq Bolkiah. Dia merupakan salah satu keluarga terkaya di dunia. Ayahnya, Jefri Bolkiah, adalah Pangeran Brunei dan pamannya Hassanal adalah Sultan Brunei.

Pemain 24 tahun itu menghabiskan karirnya di akademi Southampton, Chelsea, dan Leicester City. Namun, usai gagal di skuad senior Liga Premier, dia bergabung dengan Maritimo di Liga Portugal pada 2020.

Setelah menghabiskan satu tahun di sana, dia bergabung dengan Chonburi di Liga Thailand. Di Negeri Gajah Putih, dia hanya mencatatkan 14 penampilan dan empat assist.

Saat ini, total kekayaan Faiq mencapai US$20 miliar.

2. Mathieu Flamini
Mantan gelandang Arsenal ini mungkin tidak terhitung sebagai pemain hebat di dunia sepak bola. Namun, dia cukup apik di bidang enterpreunership.

Ya, Flamini merupakan salah satu pendiri GF Biochemicals, produsen terkemuka asam levulinat dan turunannya. Berkantor pusat di Italia dan hadir di Belanda. Rekannya di perusahaan itu adalah Pasquale Granata. Kekayaan bersih Flamini di atas US$10 miliar.

3. Cristiano Ronaldo
Kapten timnas Portugal ini bukan hanya legenda sepak bola dengan torehan rekor individunya, melainkan juga taipan bisnis. Dia memiliki kesepakatan sponsor dengan Nike, ZTE, KFC, Samsung dan banyak merek multinasional lainnya.

Ronaldo memiliki merek sendiri, yakni CR7, dan memiliki lini pakaian dan aksesoris mewah. Dia juga memiliki jaringan perhotelan dan hotel yang mengesankan bernama CR7 Pestana. Kekayaan bersihnya mendekati $500 juta.

4. Lionel Messi
Messi memang menghasilkan uang lebih banyak di PSG daripada Ronaldo di MU. Tapi, untuk urusan kekayaan pemain Argentina itu tertinggal di belakang rivalnya.

Seperti Ronaldo, Messi juga memiliki brand pakaiannya sendiri, yang diresmikan pada 2019 di Barcelona. Dia adalah pemilik jaringan hotel MiM, merek premium tempat Messi menginvestasikan sekitar £26 juta pada tahun 2017.

Dia juga memiliki kontrak seumur hidup dengan Adidas dan mendukung beberapa merek lain seperti Pepsi, MasterCard, dan Budweiser. Kekayaan bersihnya sekitar $400 juta.

5. David Beckham
Legenda sepak bola Inggris ini masih menjadi superstar global kendati sudah lama pensiun. Dia adalah salah satu pemilik tim MLS Inter Miami, dan menjadi duta merek H&M, Adidas, Diageo, dan L`Oreal, untuk beberapa nama produk.

KEYWORD :

Pesepak Bola Terkaya Miliarder Cristiano Ronaldo Faiq Bolkiah Lionel Messi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :