Sabtu, 20/04/2024 17:19 WIB

Kisah Mane Pilih Mati Ketimbang Absen di Timnas Senegal

Kisah Mane Pilih Mati Ketimbang Absen di Timnas Senegal

Penyerang Bayern Munich, Sadio Mane (Foto: Goal)

Berlin, Jurnas.com - Sadio Mane memiliki kisah unik ketika membela timnas Senegal di Piala Afrika awal tahun ini. Ketika itu, dia mengalami gegar otak dalam pertandingan 16 besar kontra Cape Verde usai bertabrakan dengan Vozinha.

Cedera membuat Mane terpaksa meninggalkan lapangan lebih awal, tak lama setelah mencetak gol pembuka dalam kemenangan 2-0.

Klubnya, Liverpool, menyarankan Mane istirahat setidaknya lima hari untuk pemulihan. Namun, perintah ini ditolak oleh sang pemain, dan siap mati di lapangan untuk membela timnas.

"Liverpool menekan federasi dan menulis surat kepada FIFA bahwa saya membutuhkan setidaknya lima hari istirahat, sehingga saya harus melewatkan perempat final," tutur Mane dikutip dari Goal pada Kamis (7/7).

"Dokter timnas kami juga harus mengikuti aturan itu. Ketika mereka mengatakan itu kepada saya, saya menelepon pelatih dan mengatakan kepadanya `Dokter tidak ingin saya bermain tetapi Anda harus menempatkan saya sebagai starter`," imbuh dia.

"Saya menelepon presiden federasi dan mengatakan kepadanya, bahwa kami perlu mengadakan pertemuan karena saya harus bermain. Aku bisa menyerahkan hidupku."

Pada akhirnya, pelatih tetap menurunkan Mane dalam laga melawan Guinea Khatulistiwa di babak delapan besar. Dia menegaskan, jika dia akan bertanggung jawab atas apapun yang terjadi di lapangan.

"Jika saya mati, mereka harus mengatakan itu salah saya. Bukan salah siapa-siapa. Mereka berkata `Sadio, Anda tidak bisa bermain` tetapi saya berkata `tidak, tidak, itu tidak mungkin`," tegas dia,

"Saat itu sekitar jam 1 atau 2 pagi, semua orang panik dan saya berkata `pelatih, saya tahu bahkan Anda takut. Tulis saja surat yang mengatakan saya bermain secara sukarela jika saya mati atau apa pun yang terjadi`. Semua orang tegang," lanjut dia.

Setelah dipastikan akan menghadapi Guinea Khatulistiwa, Mane membantu Senegal meraih kemenangan 3-1. Senegal lalu menang dengan skor yang sama atas Burkina Faso di semi-final, sebelum berhadapan dengan Mesir di final dan keluar sebagai juara.

KEYWORD :

Sadio Mane Timnas Senegal Gegar Otak Piala Afrika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :