Rabu, 24/04/2024 04:06 WIB

Kementan Kembali Gelar Pasar Murah Aneka Cabai dan Bawang

Kementan kembali gelar pasar murah aneka cabai dan bawang.

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar pasar murah khusus bawang dan cabai di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

JAKARTA, Jurnas.com – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Pasar Mitra Tani/Toko Tani Indonesia Centre (PMT/TTIC) kembali menggelar pasar murah bawang merah, aneka cabai dan bahan pangan pokok strategis lainnya. Kegitan ini akan berlangsung dari 6 - 8 Juli 2022.

"Pasar murah bawang dan cabai akan dilaksanakan di wilayah DKI Jakarta, yaitu di PMT/TTIC Pasar Minggu, Pasar tradisional di DKI Jakarta, serta di Kantor Kelurahan dan Rusun di DKI Jakarta. Setiap hari minimal dilaksanakan di delapan titik selama 3 hari berturut-turut," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura, Retno Sri Hartati Mulyandari, Kamis (7/7).

Lokasi ini, lanjut Retno antara lain di Rusun Cipinang Selatan, Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, Kantor Kelurahan Tebet Barat, Jakarta Selatan, Kantor Kelurahan Petojo Selatan, Jakarta Pusat, Rusun Nagrak, Kelurahan Merunda, Kececamatan Cilincing, Jakarta Utara, Kantor Kelurahan Koja, Jakarta Utara, Rusun Pengadegan, Pancoran, Kelurahan Manggarai Selatan, Tebet, Rusun Tipa Cakung, Cakung Barat.

"Pasar murah bawang dan cabai ini merupakan agenda jangka pendek untuk memudahkan masyarakat mengakses bawang merah dan cabai yang terjangkau harganya, serta untuk menstabilkan pasokan dan harga bawang merah dan cabai di pasaran, khususnya di wilayah DKI Jakarta," terang Retno.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Bambang Sugiharto menambahkan,pasar murah ini juga menyediakan komoditas pangan pokok strategis lainnya, seperti beras segar TTI, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, gula pasir, minyak goreng, telur ayam ras dan daging sapi.

"Kegiatan ini akan terus dilakukan hingga bawang dan cabai mencapai posisi harga yang stabil dengan tujuan untuk membantu masyarakat mendapat bawang merah dan cabai yang dalam beberapa waktu terakhir mengalami kenaikan yang sangat signifikan," ujarnya.

Selain melakukan penjualan langsung, kata Bambang, pihaknya juga menggencarkan penjualan dari yang bekerja sama dengan jasa pelayanan penjualan dan pengantaran daring seperti GoFood/GoMart, GrabMart, dan Mitra Bukalapak.

"Bila kebutuhan pangan di Jakarta terpasok dengan baik maka keseimbangan harga terjaga. Apabila inflasi di Jakarta terjaga, maka inflasi nasional juga terjaga," pungkasnya.

Dalam gelar pangan murah kali ini, cabai rawit merah dijual dengan harga Rp 80 ribu per kg, cabai merah keriting dijual seharga Rp 70 ribu per kg, bawang merah Rp 52 ribu per kg, dan bawang putih Rp 18 ribu per kg.

Adapun komoditas lainnya seperti ayam ras dijual Rp 34 ribu per kg, daging sapi Rp 85 ribu per kg, gula pasir Rp 13 ribu per kg, minyak goreng Rp 41 ribu per 2 liter, beras segar Rp 9 ribu per kg, dan telur Rp 26 ribu per kg.

 

 

KEYWORD :

Kementan Pasar Mitra Tani Bawang Merah Cabai Retno Sri Hartati Mulyandari




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :