Jum'at, 19/04/2024 04:43 WIB

Sri Mulyani: Tekanan Inflasi Pangan Harus Diwaspadai

Sri Mulyani: Tekanan inflasi pangan harus diwaspadai

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah memastikan, bahwa keamanan dan ketahanan pangan Indonesia terjaga. Pemerintah pun sedang mengupayakan keamanan dan ketahanan pangan di tengah situasi geopolitik yang masih memanas.

Hal itu, disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam Webinar Road to G20 - Securitization Summit 2022 Day 1 di Jakarta, Rabu (6/7/2022). "Ini juga masih menjadi isu yang akan jadi perhatian di G20 karena menjadi sumber inflasi dunia," ujar Sri Mulyani.

Dia bersyukur, bahwa Indonesia, dari sisi pangan, dalam tiga tahun terakhir dari produksi beras maupun produk komoditas bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri dan juga ekspor luar negeri. "Namun ini tidak berarti kita terlena. Tekanan dan tantangan inflasi pangan harus kita waspadai," tambah Sri Mulyani.

Mantan Direktur Bank Dunia itu juga menyoroti situasi beberapa negara yang sudah mengalami tekanan kenaikan harga pangan yang signifikan. "Ini akan dibahas dan menjadi perhatian di forum G20, karena pangan menjadi sumber inflasi dunia dengan adanya perang di Ukraina yang menimbulkan dampak terhadap supply chain dan suplai dari makanan maupun dari pupuk," pungkas Sri Mulyani.

KEYWORD :

Sri Mulyani inflasi pangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :