Jum'at, 19/04/2024 20:29 WIB

Prancis Desak PM Baru Israel Mulai Kembali Pembicaraan Damai dengan Palestina

Prancis Desak PM baru Israel mulai kembali pembicaraan damai dengan Palestina.

Presiden Prancis Emmanuel Macron menyambut Perdana Menteri Israel Yair Lapid saat ia tiba untuk pertemuan di Istana Elysee di Paris, Prancis, 5 Juli 2022. (Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Prancis, Emmanuel Macron mendesak Perdana Menteri baru Israel, Yair Lapid, untuk memulai kembali pembicaraan damai dengan Palestina.

"Rakyat Israel beruntung memiliki Lapid sebagai perdana menteri," kata Presiden Macron menjelang pertemuan antara kedua pemimpin di Paris.

Berbicara di depan kamera, Presiden Macron mengatakan, tidak ada alternatif untuk dialog politik untuk meredakan ketegangan antara Israel dan Palestina.

"Saya tahu seberapa banyak Anda dapat menandai sejarah jika Anda meluncurkan kembali proses ini, yang telah rusak terlalu lama," kata Macron,  menambahkan bahwa ia yakin Lapid memiliki apa yang diperlukan untuk berhasil.

Lapid, seorang sekuler dan sentris, telah lama berpendapat bahwa memulai kembali pembicaraan tentang kenegaraan Palestina yang terhenti pada tahun 2014 akan baik untuk kebutuhan lama Israel.

Namun, setelah mengambil alih jabatan perdana menteri dari mitra pemerintahan nasionalis Naftali Bennett tahun lalu, ia mewarisi koalisi yang mencakup kelompok yang menentang penyerahan tanah yang diduduki kepada Palestina.

"Kami berbicara tentang masalah Palestina, tetapi itu bukan bagian utama dari diskusi," kata Lapid kepada wartawan dalam sebuah pengarahan setelah pertemuannya dengan Macron.

"Penataan pemerintah tetap seperti apa adanya dan batasan tetap seperti apa adanya," katanya, menambahkan bahwa Prancis memiliki pemahaman penuh tentang ini meskipun pertanyaan mereka benar-benar sah.

Lapid mengatakan tidak mengesampingkan pertemuan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, tetapi mengatakan itu tidak mungkin dalam empat bulan mendatang – mengacu pada pemilihan 1 November.

"Saya tidak mengadakan rapat demi rapat. Mereka harus memiliki hasil prospektif yang positif bagi Israel. Kondisi saat ini tidak seperti itu," ujarnya.

Mengenai pemukiman Yahudi di tanah Tepi Barat, Lapid mengatakan kebijakannya adalah memungkinkan pembangunan mereka untuk mengakomodasi pertumbuhan alami – sebuah referensi untuk memperluas keluarga penduduk.

"Israel tidak akan membangun pemukiman baru," tambahnya.

KEYWORD :

Prancis Emmanuel Macron Israel Yair Lapid




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :