Sabtu, 20/04/2024 20:27 WIB

Menlu Rusia akan Kunjungi Hanoi Sebelum Hadiri Pertemuan G20

Menlu Rusia akan kunjungi Hanoi sebelum hadiri pertemuan G20

Sergei Lavrov (Foto: BBC)

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov akan terbang ke Hanoi pada Selasa (5/7) untuk kunjungan dua hari ke Vietnam sebelum menuju pertemuan G20 akhir pekan ini di Indonesia, kata pemerintah Vietnam.

Dikutip dari Reuters, kunjungan atas undangan Menteri Luar Negeri Vietnam, Bui Thanh Son itu dilakukan saat kedua negara menandai peringatan 10 tahun kemitraan strategis komprehensif kedua negara.

Negara yang dijuluki sebagai Beruang Merah itu adalah pemasok senjata terbesar Vietnam dan perusahaan-perusahaannya terlibat dalam beberapa proyek energi besar di negara itu.

Kedua negara memiliki hubungan dekat sejak era Soviet. Sejauh ini, Macan Asia Timur tidak mengutuk invasi Rusia ke Ukraina, yang disebut Moskow sebagai operasi khusus.

Pada April, Vietnam memilih menentang resolusi untuk menangguhkan Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atas perang.

Perdagangan antara Vietnam dan Rusia naik 25 persen tahun lalu menjadi US$7,1 miliar, kata pernyataan itu.

Lavrov akan menghadiri pertemuan para menteri luar negeri dari Kelompok 20 ekonomi terbesar (G20) yang diadakan di pulau Bali, Indonesia, akhir pekan ini.

KEYWORD :

Rusia Sergei Lavrov Pertemuan G20 Vietnam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :