Kamis, 25/04/2024 09:03 WIB

Kanada Catat 300 Kasus Cacar Monyet

Kanada catat 300 kasus cacar monyet

Tabung reaksi berlabel Monkeypox virus positive terlihat dalam ilustrasi ini yang diambil pada 23 Mei 2022. (Foto: REUTERS/Dado Ruvic)

JAKARTA, Jurnas.com - Badan Kesehatan Masyarakat Kanada (PHAC) mengumumkan bahwa Kanada telah mengkonfirmasi 300 kasus cacar monyet (monkeypox) pada 4 Juli 2022.

Quebec sekali lagi melaporkan jumlah tertinggi dengan 211 kasus, sementara Ontario telah melaporkan 77 kasus. Ada juga delapan kasus yang dikonfirmasi di Alberta dan empat kasus di British Columbia.

Cacar monyet adalah penyakit menular virus yang ditularkan ke manusia dari hewan yang disebabkan oleh orthopoxvirus, yang terkait dengan cacar, menurut PHAC. Virus dapat menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi atau melalui benda-benda yang terkontaminasi.

PHAC mencatat bahwa kemungkinan dan tingkat penularan cacar monyet tidak jelas saat ini.

"Badan Kesehatan Masyarakat Kanada bekerja dengan provinsi, wilayah dan mitra internasional, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia, untuk secara aktif memantau situasinya," kata PHAC.

"Upaya global difokuskan pada penahanan wabah dan pencegahan penyebaran lebih lanjut," sambungnya.

Selain melakukan pengujian diagnostik untuk virus cacar monyet, Laboratorium Mikrobiologi Nasional Kanada juga melakukan sekuensing seluruh genom pada sampel cacar monyet Kanada untuk memahami rantai penularan yang terjadi di Kanada, kata PHAC.

Di Kanada, orang dewasa berusia 18 tahun ke atas yang tidak memiliki kontraindikasi memenuhi syarat untuk menerima vaksin IMVAMUNE, yang sengaja dikembangkan untuk mengobati cacar.

"Vaksinasi terhadap cacar sekitar 85 persen efektif dalam mencegah cacar monyet," kata PHAC.

Sebanyak 8.101 dosis vaksin IMVAMUNE telah diberikan di Quebec sejak 27 Mei, sementara hampir 6.000 orang di Toronto telah divaksinasi terhadap cacar monyet pada 30 Juni, otoritas kesehatan provinsi mengatakan kepada Global News.

Pada 4 Juli, Reuters melaporkan lebih dari 5.800 kasus yang dikonfirmasi secara global, dengan data yang diperoleh dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), CDC AS, dan otoritas lokal.

Kasus telah meningkat tiga kali lipat di Eropa dalam dua minggu terakhir, Direktur Regional WHO untuk Eropa Hans Kluge menyatakan dalam sebuah pernyataan yang dirilis 1 Juli.

Terlepas dari meningkatnya jumlah kasus, Badan Kesehatan Dunia (WHO) memutuskan pada 25 Juni bahwa cacar monyet belum menjadi darurat kesehatan global.

Sumber: Global News

KEYWORD :

Kanada Cacar Monyet Monkeypox WHO PHAC




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :